“…Kisah ABRAHAM dan ISHAK…”


“…Pada suatu ketika ALLAH TUHAN berkehendak menguji sejauh mana keimanan dan kecintaan Abraham yang adalah Hamba sekaligus Nabi ALLAH. Dan berfirmanlah ALLAH kepada Abraham, kata-NYA : “…ABRAHAM…! “lalu sahut Abraham : “…Yaa TUHAN…” Dan TUHAN ALLAH pun kembali berfirman. Firman-NYA : “…Ambillah anak Mu yang tunggal itu…! yang sangat engkau kasihi, yakni Ishak..” Pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana, sebagai korban bakaran pada salah satu gunung, yang akan KU katakan kepada Mu…” Dan keesokan harinya pagi-pagi, bangunlah Abraham. Ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujang / pembantunya, beserta Ishak anaknya. Ia pun membelah juga kayu -kayu untuk kurban bakaran itu, lalu berangkatlah Ia dan pergi ketempat yang di katakan ALLAH TUHAN kepadanya.

 

Dan ketika pada hari ke tiga perjalanannya, Abraham pun melayangkan pandangannya, lalu kelihatanlah kepadanya tempat itu ( Tempat yang TUHAN ALLAH maksudkan ) dari jauh…” Lalu kata Abraham kepada kedua bujangnya itu…: Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini…! Aku beserta anak ini akan pergi ke sana (Gunung Moria).., kami akan sembahyang dan sesudah itu kami akan kembali kepada mu…! ” Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu, dan memikulkannya ke bahu Ishak anaknya. Sedang di tangannya di bawalah api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama…” Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham ayahnya : “…Bapa…” dan sahut Abraham : “…Yaa.., anak Ku…” dan bertanyalah Ishak : “…Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu…? Lalu sahut Abraham : “…ALLAH TUHAN yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi – NYA…, anak Ku..! ” Demikianlah kemudian mereka kembali berjalan bersama-sama. Dan sampailah mereka ketempat yang di sampaikan ALLAH TUHAN kepadanya.

Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, di susunnyalah kayu, di ikatnya Ishak anaknya itu, dan di letakkannya di mezbah itu, di atas kayu api…” Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya…, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. Akan tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya : “…Abraham…Abraham…” Sahut Abraham : Yaa…TUHAN..! ” Lalu DIA pun berfirman : “…Jangan bunuh anak itu dan jangan kau apa-apakan dia.., sebab telah KU ketahui sekarang bahwa engkau takut akan ALLAH…” Dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-KU…! ” Setelah semua itu…lalu Abraham pun menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham pun mengambil domba itu…, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya. Dan Abraham menamai tempat itu : “…TUHAN Menyediakan…” Dan oleh sebab itu sampai sekarang di katakan orang : “…Di atas Gunung TUHAN akan sediakan…” Demikianlah secarik Kisah Abraham dan Ishak Hamba sekaligus Nabi ALLAH yang Saleh, yang tertulis lengkap di dalam Alkitab-NYA. Pada surat Kejadian 22 : 1 – 14. Semoga dapat menjadi Hikmah bagi kita untuk dapat lebih beriman dan bertakwa kepada-NYA…” Dan semoga TUHAN Memberkati kita semua dengan Rahmat Damai Sejahtera…Amien.

Oleh : Albert Dody. R

 

About these ads

Satu pemikiran pada ““…Kisah ABRAHAM dan ISHAK…”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s