“…Museum PERJUANGAN Rakyat Bogor…”


“… Kali ini team redaksi Penantra berkenan mengunjunggi sebuah tempat yang juga banyak mengandung arti serta nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa ini. Tepatnya yaitu ke sebuah Museum yang bernama Museum Perjuangan Bogor…”  yang kebetulan berjarak tak seberapa jauh dari sebuah kawasan wisata nasional sekaligus pusat penelitian aneka tanaman yaitu Kebun Raya dan Istana Bogor.

"...Foto Kapten TB.Muslihat koleksi Museum..."

Museum ini terletak di pusat kota Bogor dan di kelilingi oleh jalan-jalan yang memiliki latar belakang sejarah perjuangan rakyat Bogor khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.  Dengan sederet nama para pejuang revolusi kemerdekaan seperti :  Jalan Kapten Muslihat, Jalan Mayor Oking Djajaatmadja, Jalan Merdeka, Jalan Veteran, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Dr Semeru dsb. Museum Perjuangan Bogor ini tepatnya berlokasi di Jalan Merdeka no : 56 Bogor Kota. Gedung Museum berlantai dua ini di bangun pada tahun 1879. Yang pada awalnya milik dari seorang warga negara Belanda bernama : Wilhem Gustaf Wissner.

"...Di salah satu Ruang dalam Museum..."

Sejak tahun 1935 gedung ini sudah di pergunakan oleh PARINDRA (Partai Indonesia Raya) sebagai tempat untuk kegiatan / aktifitas pergerakan pemuda nasional dalam menentang existensi penjajahan Belanda.Dan oleh PARINDRA gedung ini kemudian di beri nama gedung PERSAUDARAAN. Selain di pakai sebagai tempat aktifitas pemuda pergerakan, gedung ini pun juga di pergunakan sebagai tempat kegiatan pemuda kepanduaan, di bawah Panji-panji Gerakan Pemuda Kepanduan Indonesia yaitu : Pandu Suryawirawan.

"...Salah Satu Senjata Koleksi Museum PERJUANGAN Bogor..."

Dan ketika masa pendudukan / penjajahan bangsa Jepang, gedung ini di pakai sebagai gudang senjata dan lain sebagainya. Hingga pada tahun 1945 gedung ini pun di pergunakan untuk kegiatan-kegiatan menyambut , mempersiapkan sekaligus mempertahankan Kemerdekaan yang di Proklamirkan oleh The Founding Father Soekarno – Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Ketika tahun 1946 oleh karena kian gencarnya tekanan pihak Hindia Belanda terhadap berbagai aktifitas pergerakan pemuda di tempat tersebut, maka pada tahun itu pulalah gedung ini di kosongkan.Baru sejak tanggal 20 Mei 1958 Gedung ini resmi menjadi milik pemerintah RI, dan berganti nama menjadi Museum PERJUANGAN Bogor. Di museum ini tersimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan era jaman revolusi kemerdekaan.

"...Lukisan Jalur Pertempuran..." Koleksi Museum PERJUANGAN Bogor.

Bagi yang menyukai atau hendak mengali sejarah perjuangan rakyat Bogor khususnya dan Jawa Barat pada umumnya, tak ada salahnya untuk datang mengunjunginya. Guna lebih memperluas wawasan pegetahuan akan sejarah perjuangan bangsa, yang sudah barang tentu akan berdampak positif pada diri kita, yaitu kian menambah semangat kecintaan kita terhadap tanah air dan bangsa, serta kian menghargai nilai-nilai perjuangan serta pengorbaan yang telah di lakukan oleh para pemuda pejuang pendahulu kita dalam upaya merebut Kemerdekaan dan mempertahankan eksistensi Kedaulatan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Museum ini buka setiap harinya yaitu mulai pukul 08.00 s/d 14.00 wib. Pada hari Senin s/d Kamis serta hari Sabtu – Minggu…” Selamat Bertandang dan Semoga bermanfaat bagi pengembangan wawasan kebangsaan anda serta dunia pendidikan sejarah pada umumnya.

Oleh : Albert Dody. R

About these ads

4 pemikiran pada ““…Museum PERJUANGAN Rakyat Bogor…”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s