“…Kicauan JALAK HITAM / KERBAU…”


"...Si Pahing Jalak Hitam / Kerbau Ku..."

“…Burung Jalak Hitam atau yang lebih di kenal dengan sebutan Jalak Kebo / Penyu ini adalah : Jenis Burung Kicau yang tergolong dalam suku Sturnidae dengan ukuran tubuh sedangnya yaitu antara 20 -30 cm. Jenis burung ini biasa hidup berkelompok dengan jumlah antara 5 s/d 8 ekor dan bersuara ribut. Bagi para pengemar burung kicau memang keberadaan burung Jalak Kerbau ini tak terlalu mendapat perhatian khusus. Dan kadang hanya di pergunakan sebagai sarana burung Master untuk melatih suara burung kicau jenis lain agar lebih merdu dan menjadi rajin berkicau. Hal ini di karenakan Kebiasaan dari burung Jalak Kerbau ini yang kerap mengikuti / meniru suara burung jenis lainnya. Burung Jalak Kerbau ini memiliki suara yang keras sekaligus berisik.  Dengan ciri tubuhnya tegap, aktif bergerak lincah serta di tunjang pula dengan paruh dan kakinya yang berwarna kuning. Bermata Tajam dengan lingkaran putih atau kuning di antara bola matanya.

"...Jalak Hitam / Kerbau..." Yang Bertengger di Sangkar Sang Kawan

Bulu – bulunya berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian sayapnya. Jenis Burung Kicau yang tergolong relatif mudah untuk di jinakkan ini, sangatlah cocok di pelihara menjadi penghias dan pengisi suara alam di rumah – rumah. Di habitat aslinya burung ini biasa bersarang di dalam lubang – lubang pohon besar. Dan sering pula kita jumpai di areal persawahan nampak sedang asyik bertengger di atas punggung seekor Kerbau yang sedang merumput atau berkubang dalam lumpur. Hal ini di karenakan burung Jalak ini gemar memakan parasit atau kutu – kutu yang terdapat pada punggung Sang Kerbau tersebut. Dan oleh sebab itu pulalah Burung Jalak Hitam ini juga di kenal dengan sebutan Jalak Kerbau.

"...Si Pahing Jalak Hitam / Kerbau Ku..."

Jenis Burung ini hampir sama dengan saudara – saudaranya sesama burung yang gemar memangsa berbagai Serangga seperti Belalang, Ulat, Cacing Tanah, Jangkrik dsb. Selain itu mereka pun gemar memakan buah – buahan seperti Pisang dan Pepaya. Bagi yang sudah jinak burung Jalak Kerbau ini pun bisa di berikan Voer sebagai pakan sehari – harinya,  yang banyak di jual di toko – toko penjual pakan Burung, Unggas atau pun Ikan. Burung Jalak Hitam / Kerbau ini selain memiliki kegemaran untuk senantiasa mandi dan meniru suara burung lainnya. Ternyata dia juga mampu menirukan suara manusia meskipun tak sepandai ocehan burung Beo yang mampu lebih banyak menirukan kosa kata bahasa manusia. Meskipun agar burung Jalak Kerbau ini mampu menirukan suara manusia, di perlukan sedikit kesabaran dalam melatihnya. Daerah Penyebaran Habitat Burung ini mulai dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Malaysia, Thailand bahkan hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara.

"...Si Pahing Jalak Hitam Ku..."

Jumlah Populasinya yang cendrung kian menurun karena faktor seleksi alam dan ulah penangkapan yang di lakukan manusia. Membuat Jumlah species burung ini kian di ambang kepunahan, meskipun nasibnya tak separah yang di alami oleh saudara – saudara satu speciesnya yang lain seperti : Jalak Bali, Jalak Suren, Jalak Nias, Jalak Putih dsb. Namun Tetaplah hal ini menuntut perhatian kita untuk tetap berusaha menjaga kelestariannya di alam bebas.

Oleh : Albert Dody Richmant

4 pemikiran pada ““…Kicauan JALAK HITAM / KERBAU…”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s