“…PEKAN WIRA BUDAYA 2011…” Karnaval Budaya Keprajuritan Nusantara


"..Provinsi Jawa Timur.." sebagai pemenang Karnaval Keprajuritan Nusantara TMII 2011

“…JAKARTA- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyelenggarakan Pekan WIRABUDAYA 2011, sebuah festival tahunan yang digelar untuk ke-29 kalinya. Acara tersebut disajikan dalam kemasan Karnaval yang menggambarkan kewiraan prajurit perang nusantara. Menyemarakkan acara ini, turut serta juga Anak-anak Pramuka dan Parade Ontel serta Reog Ponorogo. Tema dan materi yang diangkat dalam Karnaval Keprajuritan Nusantara yang berlangsung tanggal 23 Oktober 2011 pukul 15.00 di Plaza Tugu Api TMII, mengacu pada aspek seni budaya daerah dengan nuansa semangat kewiraan pada jaman kerajaan atau pada masa perjuangan di masing-masing daerah,Karnaval arak-arakan upacara adat, atau pada acara penyambutan pahlawan perang di masing-masing daerah. Kita tahu bangsa Indonesia telah melampaui sejarah yang cukup panjang,mulai zaman nirleka(tidak mengenal tulisan) hingga abad 21 ini. Dalam proses sejarah sebagai sebuah negara, memang NKRI baru mencapai kemerdekaan pada tahun 1945 lalu, namun kemerdekaan itu tidak serta merta dicapai, terlebih dahulu melalui suatu proses perjuangan yang melahirkan pahlawan-pahlawan kusuma bangsa. Pahlawan adalah seseorang yang sudah membuktikan dirinya, mengorbankan sepanjang hidupnya untuk kemajuan bangsa ini.

Direktur Budaya, Pemasaran, dan Humas TMII, Bapak Mas'ud Thoyib

Sifat-sifat Kewiraan atau patriotisme inilah yang hendak digali oleh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan mendorong lahirnya festival tahunan “WIRA BUDAYA” agar sifat kepahlawanan tersebut tetap lestari dan dapat diteladani oleh generasi muda. Ini adalah realisasi dari fungsi TMII sebagai lembaga pendidikan kultural untuk membangun karakter bangsa, ” TMII sebagai wadah kegiatan budaya tidak sekedar hanya menggambarkan kesenian masa kini saja tetapi juga masa lalunya yang berwujud museum keprajuritan atau melalui karnaval ini” Ujar Mas’ud Thoyib, Direktur Budaya, Pemasaran, dan Humas TMII.  “..Pada saat ini 18 propinsi yang hadir memberikan warna sudah lebih dari setengah provinsi di Indonesia berpartisipasi dan yang sangat membanggakan kami yang terlibat pada festival ini sebagian besar adalah pemuda”, tandasnya. Memang tidak mudah mendatangkan perwakilan seluruh provinsi di Indonesia untuk dapat menyertai acara ini. Selain wirabudaya ini bertujuan “Meningkatkan rasa kepedulian terhadap bangsa melalui kewiraan untuk kemajuan bangsa”, pekan wirabudaya ini juga ditujukan untuk memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober, HUT TNI, dan Hari Pahlawan 10 November yang sangat bersejarah bagi Bangsa dan Negara Kesatuan republik Indonesia. Dimana peristiwa-peristiwa tersebut sebagai tonggak terciptanya kesatuan persatuan bangsa, memperkuat semangat perjuangan bangsa dan melahirkan generasi dengan jiwa patriotisme tinggi.

"..Pramuka.." dengan panji-panjinya melengkapi Karnaval Keprajuritan Wira budaya 2011

Acara ini patut dikunjungi oleh semua kalangan dalam Rangka Mengenang kembali, menghormati dan menghargai jasa perjuangan para pahlawan yang sudah berkorban jiwa raga demi nusa dan bangsa sekaligus memupuk keberanian dan patrotisme ditengah kegalauan akan hilangnya nasionalisme Bangsa. Pekan Wira Budaya akan berlangsung mulai tanggal 23 Oktober hingga 13 November 2011 mendatang. Dalam sepekan tersebut berbagai kesenian tradisi daerah akan dipentaskan di tiap anjungan TMII, dan juga terdapat Pameran ” Keris/Pusaka dan Kekuasaan “ di Museum Pusaka yang berlangsung hingga 4 Desember mendatang sebagai bagian pekan Wirabudaya ini, diharapkan pihak TMII dapat menyedot 50.000 pengunjung untuk pekan ini. Setelah arak-arakan budaya selesai, di dalam Sasana Langgeng Budoyo juga ditampilkan kesenian yang menampilkan kejayaan nusantara di masa lampau seperti tarian Gending Sriwijaya dan Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada dari Majapahit sebelum dewan juri mengumumkan pemenang Parade Keprajuritan Nusantara Tempo Dulu, Provinsi Jawa Timur keluar sebagai Juara pada tahun ini yang membawakan Karya Sawunggaling Gulnak Sosro Negoro.

Oleh : Albert Dody R.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s