“..BERSYUKUR, Pelajaran Hidup di Indonesia..”


" Korban banjir Wasior tetap tersenyum meski kehilangan harta bendanya "

Berbagai bencana kembali menimpa negeri kita tercinta Indonesia.  Banjir bandang di Wasior Irian Jaya, Gunung Sinabung meletus di Sumatra Utara, Kecelakaan Kereta api di semarang, dan masih banyak duka lainnya yang melanda negeri ini. Ditengah masa yang sulit ini rasa bersyukur menjadi pelajaran yang berharga untuk diambil hikmahnya bagi masyarakat Indonesia.Pelajaran kehidupan yang paling penting untuk terus bertahan hidup di negeri ini.  Bersyukur di kala senang itu mudah, namun ketika kita yang tertimpa bencana rasanya bersyukur itu sangat sulitnya. Bersyukur atas berkat yang diberikan Tuhan itu mudah. Namun bersyukur atas musibah yang Tuhan Ijinkan datang  menimpa kita, tentu tidak mudah.

Bersyukur atau menyalahkan keadaan buruk yang terjadi merupakan pilihan hidup. Yang menentukannya adalah  pikiran dan hati kita sendiri. Kita bebas menentukan pilihan, namun kita terikat pada dampak dari setiap pilihan. Sikap putus asa, tidak dapat menerima, atau mengeluh bukannya tidak boleh kita ekspresikan ketika mendapat cobaan. Namun sikap tersebut membuat kita makin kehilangan semangat hidup dan terperosok lebih dalam kejurang keputusasaan.

Dengan bersyukur justru kita mendapatkan semacam kekuatan untuk menghadapi kenyataan sepahit apapun. Kita menjadi berlapang dada dan ikhlas akan kenyataan yang harus dihadapi. Mata kita menjadi terbuka akan berbagai kasih sayang Tuhan kepada kita dan tidak bagi orang lain. Atas karunia Tuhanlah kita masih hidup, bernafas, makan dan minum, masih memiliki pakaian, tempat tinggal, di beri kesehatan, dan sebagainya. Bersyukur juga membuka hati kita untuk merasakan penderitaan anak bangsa lain yang tidak seberuntung kita.Menggugah rasa kemanusiaan untuk membantu sesama. Meringankan penderitaan yang lain.

Belajar mengucap syukur dalam segala situasi jelas pelajaran penting yang harus dipelajari di sekolah kehidupan Indonesia. Dan sungguh saya bersyukur Tuhan menempatkan saya di negeri ini untuk mendapatkan pelajaran tentang bersyukur itu.

Dwi Pravita G.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: