Unity in Diversity: “..GEBYAR NUSANTARA IPB 2010..”


Pada 16-17 Oktober 2010, BEM KM IPB (Badan Eksekutif Mahasiswa- Institut Pertanian Bogor) menyelenggarakan “Malam Puncak Gebyar Nusantara” di Gedung Graha Widya Wisuda, Bogor. Gebyar Nusantara atau Genus ini merupakan acara tahunan untuk mengapresiasi kemajemukan seni budaya, agama, bahasa dan suku di Indonesia. Acara ini diikuti oleh OMDA (Organisasi Mahasiswa Daerah), suatu wadah untuk bersosialisasi antar mahasiswa yang berdomisili sama dan notabene “merantau” dari daerah asalnya untuk saling membantu dan bertukar pengalaman.

Saat Tim Redaksi PENANTRA memasuki gedung acara yang sudah disesaki pengunjung, disana telah tersusun rapi sekitar 20 stand OMDA yang memeriahkan acara ini, Di sayap kiri gedung terdiri dari Himpunan Mahasiswa Nanggroe Aceh hingga DKI Jakarta, dan di sayap kanan berisikan stand-stand dari mahasiswa Sunda, Jawa, hingga Sulawesi.

"Stand expo mahasiswa daerah"

Melalui stand-stand ini, pengunjung dapat mengetahui potensi masing-masing daerah baik dari segi alam, budaya, kuliner,dan potensi-potensi unggulan lain yang terdapat di masing-masing daerah.

Gemuruh tepuk tangan mengalihkan perhatian pengunjung ke panggung utama, dimana para duta daerah berpasang-pasangan naik ke atas panggung dengan membawa hasil olah kuliner daerah masing-masing . Demikianlah cuplikan salah satu ajang seni kuliner yang diperlombakan dalam acara GENUS. Malam puncak dimulai pukul 19.30 dan masih akan dihiasi dengan berbagai kesenian daerah seperti tari Gending Sriwijaya dari Sumsel, Reog Ponorogo dari Jawa Timur, Debus dari Banten, Kecak dari Bali, dan sebagainya.

"Festival kuliner tradisional"

Melalui Acara GENUS ini, pengunjung banyak memperoleh wawasan seputar tradisi, keunikan alam, budaya dan sejarah berbagai provinsi di Indonesia sehingga meningkatkan kebanggaan akan berbangsa, berbudaya dan bertanah air Indonesia. Motivasi Panitia acara pun adalah untuk menonjolkan Unity in Diversity, Dimana para mahasiswa yang beridentitas berbeda-beda ini dapat bersatu dalam satu institusi yaitu Institut Pertanian Bogor atau Bogor Agricultural Unversity. Dan secara umum, yaitu di Indonesia, tempat dimana perbedaan suku, agama, bahasa, dan budaya yang ada dapat menjadi harmoni. Tujuan lain dari acara ini adalah untuk meningkatkan dukungan terhadap produk dan seni budaya lokal. Selesai meliput acara Gebyar Nusantara IPB 2010 ini, tim redaksi PENANTRA dimintakan kesediaannya untuk melakukan poling suara untuk stand terfavorit. Sungguh kami bingung untuk menentukan pilihan terfavorit kami karena semua yang ditampilkan sangat menarik….!!
D.P. Ganatri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: