“…MUSEUM JOANG 45…”


"...Pamflet Sejarah Gedung JOANG 45..." di Lobby Museum.

“…Bangunan Bersejarah yang kini di fungsikan sebagai salah satu Museum dengan Nama MUSEUM JOANG 45 ini terletak di Jalan Menteng Raya No 31 Jakarta Pusat. Berdasarkan Informasi yang di Peroleh Team Redaksi PENANTRA ( Perhimpunan Nasionalis Nusantara ) saat berkunjung ke tempat tersebut. Bahwa menurut sejarahnya pada tahun 1938 seorang Pengusaha Belanda mendirikan sebuah Hotel yang bernama SCHOMPER I di daerah Menteng Raya. Dan Hotel ini pun di bangun khusus bagi para Pejabat Petinggi Belanda, Pengusaha Asing serta para Pejabat Pribumi. Namun saat Jepang Menjajah Indonesia, Hotel SCHOMPER ini di jadikan Ashrama sekaligus tempat Pendidikan NASIONALISME para PEMUDA Indonesia.

“…Teras Gedung JOANG 45…”

Soekarno – Hatta, Chaerul Saleh, Adam Malik dan Sejumlah Tokoh Indonesia lainnya, merupakan Tokoh-tokoh Pemuda yang terlibat dalam hal Pendidikan Pemuda yang memperjuangkan KEMERDEKAAN Indonesia. Nama Hotel SCHOMPER I kemudian di ubah menjadi GEDUNG MENTENG 31. Dan seiring perkembangan waktu GEDUNG MENTENG 31 ini pun kerap di pergunakan untuk berbagai kegiatan, diantaranya sebagai Kantor Pengerahan Tenaga Rakyat dan juga sebagai Kantor Dewan Harian Angkatan 45. Baru kemudian pada Tanggal 19 Agustus 1974 dan setelah mengalami perenovasian , maka Gedung Menteng 31 ini pun akhirnya di resmikan sebagai MUSEUM JOANG 45. Sedangkan pemilihan nama MUSEUM JOANG 45 ini di karenakan Sejarah Gedung ini pun turut memiliki peran besar sebagai tempat berbagai aktifitas Pemuda Pergerakan dalam Mempertahankan KEMERDEKAAN sekaligus dapat menjadi sebagai Wahana Pewaris Nilai – nilai Semangat JUANG 45.

"...Koleksi Mobil RI I dan II..." Yang dulu Pernah di Gunakan Oleh Soekarno - Hatta.

Museum ini memiliki berbagai benda koleksi bersejarah diantaranya mulai dari Foto – foto tokoh Pemuda yang terlibat aktif dalam kegiatan pendidikan di Gedung Menteng 31 tersebut. Hingga berbagai koleksi Patung / Diorama para Pejuang, Lukisan bertemakan Perjuangan bahkan juga koleksi Mobil – mobil yang dulu pernah di pergunakan sebagai alat transportasi oleh Bung KARNO sebagai Presiden RI I dan Bung HATTA sebagai Wakil Presiden RI I. Bagi mereka yang gemar akan film dokumenter Perjuangan 45 Arsip Nasional, tersedia pula sebuah Layar LCD Komputer yang selalu siap untuk di saksikan oleh para pengunjung Museum JOANG 45 ini.

"...Layar LCD Pemutaran Film Arsip Nasional..." di Lobby Museum JOANG 45.

Dimana dalam film ini kita dapat menyaksikan sekilas tentang Sejarah Perjalanan para Perintis KEMERDEKAAN RI. Dengan harga Tiket yang relatif terjangkau oleh Masyarakat Umum, Pelajar dan Mahasiswa. Museum JOANG ini buka setiap harinya sejak Hari Selasa hingga Minggu..Mulai Pukul 09.00 Wib – 15.00 Wib. Demikianlah Liputan Singkat Team Redaksi PENANTRA ( Perhimpunan Nasionalis Nusantara ) di seputar Gedung JOANG 45…” Selamat Bertandang.

Oleh : Albert Dody Richmant

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: