“…Museum INGGIT GARNASIH…”


"...Rumah Ibu Inggit dan Bung Karno..." di Jalan Inggit Ganarsih No : 8 Bandung Ja - Bar

“…Museum yang baru saja di resmikan oleh Pem Kot Bandung Jawa – Barat pada Tanggal 23 -12 -2010 ini. Adalah bekas rumah kediaman Bung Karno dengan Mantan Isteri keduanya yaitu : Ibu Inggit Garnasih semasa Perjuangan dan kuliahnya di ITB Bandung hingga bergabung dengan Perserikatan Nasional Indonesia 1927 yang kemudian pada tahun 1928 berganti nama menjadi Partai Nasional Indonesia ( PNI ).

"...Ibu Inggit dan Bung Karno..."

Partai tertua di Indonesia itu didirikan di Bandung oleh 4 Tokoh Nasionalis terkemuka yaitu : Dr. Cipto Mangunkusumo, Mr Sartono, Mr. Iskak Tjokrohadisuryo, Mr Sunaryo dan juga Bung Karno ini,  terkenal aktif berjuang merintis jalan bagi KEMERDEKAAN RI. Dan di Rumah inilah pulalah Ibu Inggit dan Bung Karno menjalani masa – masa tersulit dalam sejarah hidupnya. Mulai dari penahanan Bung Karno di Penjara BANCEUY dan SUKAMISKIN Bandung, hingga masa – masa pembuangan Bung Karno ke ENDE Flores dan BENGKULU, Ibu Inggit selalu ada bersama The Founding Father Bung Karno. Bangunan Bersejarah yang berlokasi di Jalan Inggit Garnasih No : 8 yang dulunya bernama Jalan Ciateul No : 8 Bandung Jawa – Barat ini. Memiliki berbagai koleksi benda – benda bersejarah yang dulu kerap di pergunakan oleh mereka berdua. Di antaranya adalah Meja Kursi berbentuk bulat terbuat dari Kayu, Foto – foto Ibu Inggit Garnasih dan I.r Soekarno.

"...Koleksi Foto dlm Ruangan Rumah Ibu Inggit..."

Dan selain itu pula terdapat Batu Lumpang Penumbuk yang biasa di gunakan Ibu Inggit dalam membuat berbagai Ramuan serta Jamu. Karena memang berdasarkan keterangan yang di peroleh Team Redaksi PENANTRA  ( Perhimpunan Nasionalis Nusantara ) saat berkunjung ke tempat tersebut. Di katakanlah bahwa guna menutupi biaya hidupnya Ibu Inggit kerap membuat berbagai macam Ramuan Jamu – jamuan dan Bedak serta Menjahit. Semua itu kemudian beliau jual langsung atau pun di titipkan pada salah seorang pedagang di kota Bandung.

"...Ruang Dalam Rumah Ibu Inggit Ganarsih..."

Bangunan Bersejarah yang kini telah resmi di jadikan Museum ini,  kini telah terbuka bagi Umum dan sekaligus melengkapi Kota Bandung yang juga merupakan Kota yang banyak memiliki peninggalan bersejarah selain Gedung INDONESIA MENGGUGAT…” Selamat Bertandang.

 

Oleh : Albert Dody Richmant

Iklan

2 Tanggapan

  1. jadi pengen kesini 😀

    • Silahkan mampir aja kesitu Bung dan Mudah2an bisa menambah wawasan sejarah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: