“…PELUKIS Pasar BARU…”


“…Kota Jakarta selain berfungsi sebagai Ibu Kota Negara ternyata juga banyak memiliki tempat – tempat menarik dengan berbagai ciri khasnya. Seperti yang di temui oleh Team Redaksi PENANTRA ( Perhimpunan Nasionalis Nusantara ) saat meliput di salah satu sudut kota Jakarta yaitu di Jalan Pasar Baru Jakarta Pusat. Jalan Pasar Baru selain memiliki nilai historis, di mana di sekitar tempat itu banyak kita jumpai bangunan – bangunan kuno peninggalan Hindia Belanda. Kini juga menjadi salah satu ikon wisata kota Jakarta dengan munculnya deretan kios – kios para Seniman Lukis yang memajang hasil karya indah mereka. Deretan kios – kios lukisan yang berada tepat di depan sebuah bangunan kuno peninggalan Hindia Belanda, yang kini bernama Gedung Kesenian Jakarta itu, seolah kian menguatkan citra tempat itu sebagai sarana ajang berkumpul dan berkreasinya para Seniman dan Pelukis di Jakarta.

"...Bersama Mas S.Wito..." Ketua KPPI ( Komunitas Pelukis dan Penulis Indah )

Tersebutlah sebuah nama S. Wito yang adalah : Ketua dari Kelompok Pelukis dan Penulis Indah ( KPPI ) di lokasi tersebut.  S. Wito yang akrab di panggil Mas Wito itu. Menuturkan berbagai hal yang berkaitan dengan berdirinya deretan kios – kios para pelukis di tempat tersebut kepada team redaksi PENANTRA ( Perhimpunan Nasionalis Nusantara ) saat berkunjung. Menurutnya keberadaan para Pelukis Jalanan Pasar baru ini sudah ada sejak era tahun 1980 an. Di mana mereka dulu biasa menjajakan hasil karya lukisan mereka di pinggir jalan tepian kali Pasar Baru. Tanpa adanya sarana bangunan pendukung berupa kios – kios seperti saat ini. Baru kemudian pada sekitar akhir tahun 1998 – 1999 pemerintah kota Jakarta mulai melirik keberadaan para Pelukis Jalanan ini, sebagai salah satu daya tarik wisata kota Jakarta seperti layaknya Pasar Seni Jaya Ancol.

"...Deretan Lapak Kios Seniman Pasar Baru..."

Dengan Tema Pencanangan Kebangkitan Citra Pariwisata Jakarta maka keberadaan para pelukis jalanan ini pun mulai mendapat legitimasi pemerintah. Di susul dengan turunnya S.K Gubernur DKI tahun 2006 bagi tempat tersebut. Saat di singgung perihal KPPI / Komunitas Pelukis dan Penulis Indah di tempat tersebut , beliau menerangkan bahwa : Komunitas itu resmi berdiri sejak tanggal 10 Oktober 1999 hingga kini. Total jumlah seluruh kios yang berderet di tempat itu adalah 29 kios, yang di huni oleh sekitar 60 Seniman Lukis. Sedangkan Lukisan yang di pajang oleh para pelukisnya kebanyakan bertemakan mulai dari karikatur, lukisan wajah artis hingga pejabat atau foto keluarga, pemandangan alam, dekorasi  sampai dengan lukisan abstrak dan tulisan – tulisan indah. Untuk harga jual dari pada lukisan – lukisan tersebut sangatlah bervariasi. Yang di jual mulai dari harga Rp.300 ribu s/d Rp. 800 rb hingga 2 Juta Rupiah.

"...Lukisan Luna Maya..." Salah satu hasil Karya Bang Joy Seniman Pasar Baru

Bagi para pembeli yang berminat dapat memilih langsung lukisan yang di sukai. Ataupun memesannya terlebih dahulu dengan memberikan contoh gambar, pashfoto pribadi ataupun keluarga. Di sela – sela candanya S. Wito menggungkapkan bahwa Ia sendiri mulai membuka bisnis ini sejak tahun 1995 dan kios – kios di tempat ini buka setiap harinya mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam. Selain melukis di kios – kios yang mereka huni, ternyata para pelukis yang terhimpun dalam wadah Komunitas Pelukis dan Penulis Indah ini pun kerap mengadakan pameran lukisan di antaranya di TIM ( Taman Ismail Marjuki ), GKJ dsb. Demikianlah selintas hasil liputan team redaksi PENANTRA ( Perhimpunan Nasionalis Nusantara ) di salah satu sudut kota Jakarta, seiring senja temaram lampu – lampu jalan kota Jakarta yang mulai terang menyala.

Oleh : Albert Dody Richmant

Iklan

12 Tanggapan

  1. good

    • Thanks Broo 4 Support

  2. Bisa gak ya,,, belajar melukis sama seniman2 di pasar baru ?? Pengen punya lukisan tapi hasil karya sendiri.. Thanks

    • Bisa2 aja mbak coba aja datang ke komunitas pelukis dan penulis indah yg ngumpul disana

  3. aku mau buat sketsa/karikatur teman saya buat hadiah ntar sabtu.
    jam bukanya sampai jam berapa yah?
    Trims..

    • sampai malam juga ada mba…selamat memesan lukisan

  4. maaf mas wito saya mau mengadakan event,
    bisa saya meminta contact person mas wito ?
    ditunggu ya balasannya

    • Mas wito dapat ditemui di kios pelukis pasar baru mbak trisna..dan pelukis2 disana bisa memberi mbak contact personnya..smg sukses ya eventnya..!

    • Mas wito bisa ditemui di kios pelukis pasar baru atau pelukis2 disana bisa memberi mbak trisna Contact Personnya…Trims dan Semoga sukses acaranya..

  5. Jam berapa kios di situ mulai beroperasi?

  6. mas kalau saya mau gabung / belajar boleh g ?

  7. mas kalu saya mau ikut gabung dan belajar boleh g ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: