“..KERIS for the WORLD 2010..”


“….Pada Hari itu tepatnya Pukul 17.30 Wib dan pada Tanggal 7 – 8 Juni 2010, tibalah kami Team redaksi Penatra (Pena Nusantara) di Gedung Galery Nasional Jakarta. Guna memenuhi undangan panitia acara Pameran Akbar KERIS FOR THE WORLD 2010. Dalam kaitan itu prakarsa Pameran Akbar KERIS For The World 2010 yang di selenggarakan sejak tanggal 3 – 8 Juni 2010 di Galery Nasional Jakarta itu merupakan bukti nyata dan komitmen Bangsa Indonesia untuk terus berupaya melestarikan dan mengembangkan Seni  KERIS sebagaimana di amanatkan oleh badan dunia yaitu UNESCO.

"...Para Pemenang Lomba dan Peraih Penghargaan Keris..."

Dan Seni Pembuatan KERIS Indonesia telah di kukuhkan oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral  and Intangible Heritage of Humanity yang berarti :  “…Pengukuhan KERIS Indonesia sebagai Karya Agung Warisan Kemanusiaan bagi seluruh bangsa di dunia. Hal ini merupakan KEHORMATAN bagi bangsa Indonesia sekaligus mengisyaratkan tanggung jawab kita sebagai Pewaris Maha Karya peninggalan leluhur yang kini telah menjadi milik dunia.  Sebagai karya budaya yang telah hadir dan berkembang dalam kehidupan bangsa kita selama hampir 10 abad, KERIS memiliki sejarah panjang dan berperan penting dalam proses pembentukan Jati Diri bangsa.

"...Koleksi KERIS dlm Moment KERIS FOR THE WORLD 2010..."

Dan sebuah KERIS sarat dengan simbol-simbol yang menggambarkan falsafah  serta nilai – nilai luhur yang di ajarkan oleh para Leluhur kita. Pada kesempatan Pameran Akbar KERIS yang berjudul ”  KERIS FOR THE WORLD 2010 di gelarlah lebih dari 600 koleksi KERIS karya anak bangsa ini, dengan berbagai rupa, bentuk serta ukuran.

"...Bersama Bp Bupati Lampung Andi Ahmad dan Peserta Yang Hadir..."

Yang Sangat Indah dan Memiliki Nilai Seni Tinggi, sehingga pantaslah memperoleh penghargaan yang luar biasa dari berbagai Lembaga Dunia Internasional seperti UNESCO. KERIS  yang juga berasal dari koleksi para kolektor ini, turut di lombakan. Dan hal ini pun patut di catat sebagai Tonggak Sejarah yang sangat penting bagi pengembangan dunia Seni Perkerisan Indonesia. Dan Semoga Saja Seni Pembuatan KERIS Warisan Leluhur Bangsa yang Mendapat Penghargaan Dunia Internasional ini pun turut di Hargai oleh Generasi Penerus Bangsa ini.

Oleh :  Albert Dody. R

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: