“..PAMERAN FOTO BUNG KARNO 2011..” Aku Melihat Indonesia


Jakarta – AKU MELIHAT INDONESIA menjadi tema dari PAMERAN FOTO BUNG KARNO 2011 yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Acara diselenggarakan sejak tanggal 13 Juni 2011 sampai dengan 25 Juni 2011, dalam rangka Bulan BUNG KARNO 2011. Pukul 10.00 wib s/d 22.00 wib. Sifat pameran terbuka dan tidak dipungut biaya.Berdasarkan Informasi yang di peroleh team Redaksi PENANTRA (Perhimpunan Nasionalis Nusantara) saat meliput di arena pameran ternyata bahwa Tujuan dari kegiatan Pameran Foto Bung Karno 2011 yang di gelar kali ini adalah untuk :

  1. Meluruskan sejarah perjuangan bangsa secara jujur dan obyektif.
  2. Mengingatkan kembali kepada Bangsa Indonesia khususnya Generasi Muda tentang nilai-nilai perjuangan Bung Karno.
  3. Membangun kembali budaya bangsa untuk menghargai dan menjaga serta mengamalkan nilai-nilai perjuangan pahlawan bangsa, khususnya perjuangan Bung Karno.
  4. Mewarisi api perjuangan dan spirit kepahlawanan Bung Karno.
  5. Menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda bangsa.

Berbagai koleksi foto Bung Karno di pamerkan disini. Dimulai dari foto-foto masa kecil Bung Karno, masa remaja, keluarga, masa perjuangan, masa pembuangan, pembacaan Proklamasi, masa pemerintahannya, kunjungan-kunjungan Bung Karno baik dalam negeri maupun luar negeri, Bung Karno dengan kaum Marhaen, Bung Karno dengan para seniman, dll.

Pembacaan Puisi dari Seniman-Seniman dalam Pameran Foto Bung Karno 2011 di TIM Jakarta.

Dalam Pameran Foto ini juga diputarkan film-film dokumenter Bung Karno dalam lawatannya ke Amerika Serikat, Vietnam, saat agresi militer , dll. Salah satu film yang di putar tampak saat Bung Karno memberikan sambutan dalam Kongres Amerika dan memperkenalkan PANCASILA sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang disambut dengan aplaus yang membahana dari peserta Kongres.

Juga terdapat Ruang Hening Bung Karno di mana terdapat Patung Dada Bung Karno berukuran besar. Tempat bagi pengunjung yang ingin merenung mengenang Bung Karno.

Selama Pameran diadakan berbagai macam lomba yang melibatkan partisipasi masyarakat dan Diskusi-Diskusi terbuka dengan nara sumber-nara sumber yang kompeten di bidangnya, seperti Asvi Warman Adam, dll.

Ir. Soekarno atau yang akarab dipanggil BUNG KARNO lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Ayahnya seorang Mantri guru bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo. Ibunya, Nyoman Rai Sarimben. Bung Karno menamatkan ELS (Europeesche Lagere School) di Mojokerto, HBS (Hogere Burger School) di Bandung (sekarang Kampus Institut Tekhnologi Bandung). Beliau berhasil meraih gelar Insinyur pada 25 Mei 1926.

Tahun 1927 Bung Karno mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) dengan tujuan Indonesia Merdeka. Belanda memenjarakannya di Sukamiskin, Bandung. Pidato pembelaannya di Landraad Bandung, “Indonesia Menggugat” menggegerkan dunia. 1 Juni 1945, didepan sidang BPUPKI Bung Karno menyampaikan pidatonya tentang PANCASILA, dasar dan falsafah negara Indonesia Merdeka. Pancasila lalu dimasukkan dalam Pembukaan UUD 1945 dan berlaku hingga saat ini sebagai dasar dan ideologi Bangsa Indonesia.

"...Bersama Maudy Koesnaedy..." Artis Pengunjung Pameran

17 Agustus 1945 Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dan keesokan harinya Bung Karno dan Bung Hatta secara aklamasi dipilih dan ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. Minggu 21 Juni 1970 Bung Karno wafat dan dimakamkan di Blitar Jawa Timur, di samping makam Ibundanya. Animo masyarakat yang mengunjungi Pameran Foto Bung Karno sangat baik. Rata-rata kunjungan dalam satu hari mencapai kurang lebih 1000 orang. Dihadiri bukan hanya masyarakat umum tapi juga para Cendikiawan, Selebritis, Seniman, Mahasiswa, Sejarahwan, dll.

Rata-rata pengunjung hadir disana karena kekaguman dan kecintaan mereka pada Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan Pemimpin Negeri ini sesuai dengan kaca mata mereka masing-masing.

Maudy Koesnaedy yang turut menghadiri Pameran Foto Bung Karno 2011 menyatakan bahwa dirinya hadir disana salah satunya dalam rangka observasi untuk persiapan dirinya dalam memerankan figur Inggit Garnasih (Istri kedua Bung Karno) dalam film terbarunya yang baru akan di produksi. “Saya tidak berkesempatan mengenal Beliau secara langsung hanya melalui karya-karyanya. Saya menilai Bung Karno memiliki Karisma yang sangat kuat dan memang Beliau orang yang terpilih untuk memimpin Bangsa Indonesia ini untuk yang pertama kalinya,” ungkap Maudy Koesnaedy lebih lanjut kepada team Redaksi PENANTRA (Perhimpunan Nasionalis Nusantara).

Tata ruangan yang baik dan pelayanan para panitia penyelenggara yang baik menambah nilai plus dalam penyelenggaraan Pameran Foto Bung Karno 2011 ini.

Oleh : Eka Shantika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: