“…TARIAN KUDA GIRIBIG…” Seni KUDA LUMPING Khas SUBANG


.Liputan Tim Redaksi PENANTRA News dalam acara Festival Helaran Seni Budaya yang di selenggarakan sejak tanggal 3 Juni s/d 12 Juni 2011 di Alun-alun Pemkab Bogor. Dalam rangka HUT Kabupaten Bogor ke-529. Video berikut merupakan cuplikan Seni Tradisional khas Masyarakat Subang Jawa Barat. Kesenian Tradisional yang bernama Kuda Giribig ini dibawakan oleh Padepokan Abah Renggo. Yang berhasil meraih predikat Juara Favorit dalam event tersebut.

KUDA GIRIBIG merupakan Kesenian Tradisional khas Masyarakat Subang, Jawa Barat. Seni pertunjukkan Kuda Giribig telah lama terlupakan oleh masyarakat Subang, hingga kini diangkat lagi oleh Abah Renggo, seorang seniman putra daerah Subang.

Sekilas, Kesenian Kuda Giribig tampak serupa dengan Kesenian Kuda Lumping. Yang membedakan, kuda yang dipakai dalam seni Kuda Giribig berbahan baku anyaman bilik bambu dengan diameter 1×1,5 meter dan tali pelecut sepanjang 3 meter.

Kesenian ini turut memeriahkan acara Festival HELARAN Seni Budaya Jawa Barat yang digelar sejak tanggal 3 Juni s/d 12 Juni 2011 oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, dalam rangka perayaan HUT Kabupaten Bogor ke- 529. Pada kesempatan acara itu turut pula didatangkan sebanyak 30 seniman Kuda Giribig dari Padepokan Jaga Sarakan Ki Sunda, Subang, Jawa Barat.

Pertunjukkan Tari Kuda Giribig ini diangkat kembali ke publik untuk pertama kalinya justru di negeri orang. “…Pada Tahun 2009 kami di undang untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus di Malaysia…” demikian ungkap Abah Renggo. “…Dan untuk Seni Kuda Giribig ini, Saya berusaha mengembangkannya dari apa yang di ingat semasa kakek Saya dahulu…” Demikian paparnya lebih lanjut kepada team redaksi PENANTRA (Perhimpunan Nasionalis Nusantara) saat beliau di wawancarai.

Para penonton yang hadir terpukau oleh penampilan para peserta /penari asal kota Subang ini. Tak segan mereka pun maju kedepan untuk dapat melihat lebih dekat jalannya pertunjukkan. Meskipun beberapa penonton tampak kaget dan meringis tiap kali pecut sepanjang 3 meter yang dimainkan Abah Renggo melecut menimbulkan suara yang keras di dekat mereka. Namun tak membuat surut antusias mereka untuk terus mengikuti acara pertunjukan Tari Kuda Geribig itu hingga selesai.

Kelompok Tari Kuda Giribig asal Subang itu pun ternyata kemudian sukses meraih predikat JUARA FAVORITE dalam Festival HELARAN Seni Budaya, yang digelar di lapangan Pemkab Cibinong Bogor tersebut.

Oleh : D.P Ganatri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: