“…Festival DALANG BOCAH Nasional 2011…”


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Festival Dalang Bocah Nasional 2011 yang dibuka pada 19 Juli 2011 dan ditutup pada 23 Juli 2011 ini merupakan kerjasama Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) dan Bank Indonesia (BI). Deputi Direktur unit khusus Museum Bank Indonesia, Poernomo memberikan sambutan atas dilaksanakannya pre-event Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2011 yang diselenggarakan di Pelataran Museum Bank Indonesia.

Bank Indonesia (BI) sangat mendukung Festival Dalang Bocah Nasional 2011 ini sebagai upaya pelestarian warisan bangsa. Pertunjukan Wayang yang ditampilkan dalam FDBN ini tidak bisa dianggap sekedar warisan benda bersejarah (tangible heritage) semata, namun juga intangible heritage yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity. Suatu pengakuan dunia yang mengukuhkan wayang sebagai milik masyarakat dunia.

"...Pemenang Festival Dalang Bocah 2011..."

Saya yakin Festival ini merupakan acara yang sangat penting dan bersejarah bagi bangsa kita di tengah kegalauan kita akan hilangnya minat generasi muda akan salah satu budaya nasional yaitu Wayang, ungkap Poernomo dalam sambutannya.

Kepada Redaksi PENANTRA News, pelawak kondang Gogon dari Srimulat, menyatakan bahwa penyelenggaraan Festival Dalang Bocah ini sangat baik untuk memupuk rasa cinta anak-anak pada Budaya Indonesia khususnya Wayang. Dan melihat bakat-bakat para Dalang Bocah yang menjadi peserta saat ini sangat luar biasa. Mereka sangat berbakat. Permainan mereka sudah seperti Dalang orang Dewasa. Bisa dibayangkan bagaimana saat mereka dewasa nanti, pasti sangat luar biasa. Dan saya bersyukur ternyata pada jaman seperti ini masih banyak anak-anak yang mau mendalami budaya Wayang. Dimana anak-anak yang lain lebih senang bermain dengan permainan modern saat ini.Demikan ungkap Gogon Srimulat lebih lanjut kepada redaksi PENANTRA News.

"...Redaksi PENANTRA bersama Dalang Cilik dan Gogon Srimulat..." Dlm Festival Dalang Bocah 2011

Festival ini diikuti oleh 23 peserta dalang cilik berusia 8 – 15 tahun yang berasal dari 10 provinsi. Yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Para Dalang Bocah ini benar-benar memperlihatkan permainannya dengan sangat baik, penuh semangat, berani dan percaya diri. Terlihat mereka juga menguasai dan memahami karakter dari tokoh-tokoh Wayang yang dimainkan dan kisah yang dibawakan. Menyatu dengan alunan Gamelan yang kadang menghentak dan kadang mengalun tenang. Serta suara Sinden yang merdu.

Rata-rata para pedalang cilik ini telah mulai belajar sejak usia yang sangat dini. Ada yang memang berasal dari keluarga dalang dan oleh keluarganya disalurkan bakatnya. Ada pula yang tidak memiliki latar belakang Dalang sama sekali. Namun sejak kecil sering diajak menonton Wayang. Sehingga lama kelamaan tumbuh rasa cinta pada Budaya Wayang ini.

"...Para Penari..." Yang Turut Memeriahkan Acara Festival Dalang Cilik 2011

Seperti Brian Brahmantyo Bagaskoro dari DKI Jakarta yang mulai belajar Dalang sejak satu setengah (1,5) tahun yang lalu. Saat ini dia duduk di bangku SMP. Ketertarikan Brian untuk mempelajari Wayang dan menjadi dalang karena sering diajak Kakeknya menonton Wayang. Dan dalam tempo yang relative cepat dia sdh dapat menguasainya.

Menurut Bpk Pudjo salah satu pengajar di Sanggar Nirmalasari menyatakan bahwa Brian termasuk berbakat sehingga dapat dengan cepat mempelajari perdalangan. Padahal Brian lahir dan besar di Jakarta yang sudah pasti tidak menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya.

Untuk kawan-kawan sebayanya Brian yang dalam Festival Dalang Bocah ini masuk dalam 10 besar terbaik menghimbau agar mereka cobalah untuk menonton Wayang. Walau tidak mempelajarinya secara khusus namun dengan menonton saja sudah turut melestarikan Budaya Wayang. Karena Dalang tanpa penonton juga tidak akan jalan.

"...Para Peraih Nominasi..." Dlm Festival Dalang Cilik

Canggih Tri Atmojo Krisno dari Surakarta Jawa Tengah meraih predikat Dalang Terbaik dalam Festival Dalang Bocah Nasional 2011 ini. Dalam pementasannya, Canggih Tri Atmojo Krisno membawakan lakon Gatotkaca Jedhi. Tokoh pewayangan yang menjadi favoritnya. Demikian juga dengan Dalang-Dalang cilik lainnya yang juga mengidolakan tokoh Gatot Kaca. Yang menurut mereka Gatot Kaca itu tokoh Ksatria yang pilih tanding, pemberani dan mau berkorban.

Canggih mulai belajar mendalang sejak kelas 1 SD. Dan hal tersebut karena dia sejak kecil sudah menyukai Wayang. Dan di Surakarta banyak sekali kawan-kawan sebayanya yang belajar mendalang.

Dalam Festival Dalang Bocah Nasional 2011 ini juga diselingi dengan kegiatan pendukung seperti Talk Show, kuis-kuis tentang Wayang dan diadakan Pameran dan Bazar (wayang, buku, Batik, dll), Demo pembuatan Wayang, dll. Pementasan Reog Ponorogo juga mengisi acara ini.

Reog Ponorogo yang dibawakan oleh Sanggar Seni Sardulo Aji Manggolo pimpinan Bpk Sunardi ini turut menjadi acara pembuka Festival Dalang Bocah nasional 2011. Sanggar seni Reog Ponorogo ini sudah banyak melakukan pentas di Manca Negara seperti Los Angeles, Singapura, dll. Suatu prestasi yang membanggakan tentunya.

Wayang yang sangat sarat akan ajaran-ajaran luhur yang sangat tinggi ini akan dapat membentuk suatu karakter yang luar biasa bagi anak-anak ke depannya. Karena dalam Wayang mengandung ajaran untuk berKetuhanan, ksatria atau pemberani dan tangguh, cerdas, nasionalisme, cinta kasih sesama manusia dan alam sekitarnya. Sehingga akan menjadi Generasi Penerus Bangsa yang berkepribadian Indonesia dan mengangkat nama Bangsa dan Negaranya.

Semoga Festival Dalang Bocah ini tidak berhenti sampai disini. Tapi terus berlanjut dan bahkan diperbanyak dengan Festival-festival Dalang Anak yang lain atau Pentas Wayang dengan Dalang Ciliknya. Karena di tangan merekalah Budaya Wayang akan terus lestari.

Oleh : Santi Widianti

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: