“…HUT ASEAN Ke 44…” ASEAN Anniversary 2011 Jakarta



VIDEO LIPUTAN EVENT Redaksi PENANTRA News.

 

"...Menlu Bpk Marty Natalegawa dan Abang None Jakarta..." Dlm Moment Asean Anniversary 44 th

“…Jakarta, Senin, 8 Agustus 2011 bertempat di Gedung Sekretariat ASEAN di jalan Sisimangaraja Jakarta, perayaan ulang tahun ke 44 ASEAN di gelar dengan meriah. Acara ini di hadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menlu Dr. Marty Natalegawa, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Sekretariat kabinet Dipo Alam, serta di hadiri pula oleh perwakilan dari negara-negara ASEAN dan utusan-utusan khusus permanen negara-negara sahabat untuk ASEAN.
Dalam acara ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kuliah kepresidenan di ASEAN Hall gedung sekretariat ASEAN.

Dalam pidatonya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengambil 2 point penting yaitu pertama mengenai keadaan dan pencapaian ASEAN selama ini. Kedua mengenai apa yang hendak dan bisa dicapai di masa depan, bukan hanya untuk ASEAN tapi juga untuk komunitas global.

"...Bpk Bagas Hapsoro..." Deputy Secretary - General Community & Corporate Affairs

Tahun ini dengan Indonesia menjadi Ketua ASEAN, kami berniat untuk mengkonsolidasikan pembangunan komunitas ASEAN dan memastikan lingkungan regional yang kondusif bagi perkembangan negara anggota ASEAN, ungkap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lebih lanjut.
Menurut Menlu Dr Marty M. Natalegawa dalam wawancara dengan media, sejak tahun 2003 upaya-upaya pencapaian komunitas ASEAN semakin bergulir.

Sekarang bahkan Indonesia menawarkan konsep ASEAN dan komunitas dunia. Jadi pandangan dunia sekarang terhadap ASEAN sudah semakin ada pengakuan. Khususnya dalam bidang ekonomi, dimana kemampuan ASEAN sekarang menjadi wilayah yang bebas dari krisis ekonomi.

Bahkan menjadi sentra pembangunan ekonomi di dunia.
DI bidang politik kemampuan kita untuk menyelesaikan konflik-konflik di antara negara ASEAN sekarang sudah diakui oleh Dewan Keamanan PBB dan Mahkamah Internasional.

"...Nguyen Thian..." Peserta Pameran dari Vietnam

Dan juga dibidang governers meskipun masih banyak yang kita bisa capai di bidang demokratisasi dan di bidang hak asasi manusia namun kenyataannya kemampuan ASEAN dalam hal ini semakin meningkat.
Sementara kalau kita lihat di belahan dunia lain seperti di Afrika Utara dan Timur Tengah, semakin diperlihatkan bagaimana masalah demokratisasi dan governers bisa menjadi masalah keamanan. Jadi kemampuan ASEAN di bidang ini sangat dibutuhkan, ungkap Menlu Dr. Marty M. Natalegawa lebih lanjut.
Dalam kesempatan ini Menlu Dr. Marty M. Natalegawa juga mengucapkan selamat kepada rakyat Thailand yang telah sukses menyelenggarakan Pemilu dan hari ini Pemerintahan yang baru akan dibentuk. Bapak Presiden akan bicara dengan Perdana Mentri Thailand dan sedang direncanakan untuk waktunya.
Kita yakin perkembangan di Thailand akan semakin memperkokoh solidaritas ASEAN. Meskipun situasi di Thailand masih dalam proses di dalam negerinya dimana politiknya belum bergulir.

"...Asean Hall..." Tempat Berlangsungnya Acara dan Pameran Batik Negara2 Asean

Dalam masalah Thailand dengan Kamboja, kita masih terus bekerja dan kita sudah ada komunikasi dengan pemerintah Thailand terdahulu dan yang incoming sekarang serta pemerintah Kamboja, untuk bagaimana bisa membantu proses konflik Thailand dengan Kamboja ini.
Kami sendiri kira-kira pertengahan bulan ini akan ke Dewan Keamanan PBB bertemu dengan Presiden Dewan Keamanan PBB untuk menginformasikan perkembangan terkini di ASEAN, khususnya masalah Thailand dan Kamboja. Jadi sifatnya informasi. Dan mengenai konflik perbatasan Thailand dan Kamboja ini yang sudah ada sejak 1962 jadi sebelum ASEAN terbentuk, jadi akan sulit dibayangkan untuk menyelesaikan hal ini secara cepat. Yang penting sudah ada mekanisme untuk bisa menyelesaikan masalah ini, ungkap Menlu Marty M. Natalegawa sebagai penutup.
Dalam acara perayaan ulang tahun ke 44 ASEAN ini juga diadakan Pameran Batik yang dibuat oleh beberapa pelajar dari negara-negara anggota ASEAN, yang dibuka oleh Menlu Dr. Marty M. Natalegawa.

"...Redaksi PENANTRA Bersama Bpk Bagas Hapsoro..." Dlm Moment ASEAN Anniversarry 44 th

Deputy Secretary General Community & Corporate Affairs Bagas Hapsoro, menyatakan kepada PENANTRA News On Line bahwa dalam Pameran Batik ini juga menggambarkan bahwa Batik juga merupakan suatu persatuan.

Di Indonesia yang dimana batik telah diakui oleh UNESCO sangat bangga dapat berbagi dengan negara-negara anggota ASEAN yang lain.

Batik-batik yang dipamerkan, dibuat oleh perwakilan dari negara anggota ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, Myanmar, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Lao PDR (Laos), Philipines, dan Muangthai.

Mereka diajarkan membatik di Yogyakarta selama dua bulan ini. Dan hasilnya tidaklah buruk.
Mereka semua sangat senang dapat belajar membatik. Dan mereka suka Batik dari motifnya yang indah dan unik. Serta di negera mereka tidak ada. Dan mereka memiliki keinginan, sekembalinya ke negara mereka masing-masing, mereka akan memperkenalkan Batik dan membuatnya disana. Bahkan ingin memasarkannya atau membuat usaha Batik.

"...Salah Satu Stand Batik dlm Pameran..."

Mereka juga kagum dengan keindahan alam Indonesia, terutama Candi Borobudur dan Candi Prambanan, serta keramah tamahan penduduknya.
Selanjutnya Deputy Bagas Hapsoro menyatakan sangat terkesan dan puas dengan acara yang berlangsung.

Dimana menurutnya peringatan Ulang Tahun saat ini sangat spesial dimana Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Serta banyak gagasan-gagasan dan apresiasi terhadap Sekretariat ASEAN yang hal ini luar biasa bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi.
Dan acara perayaan ulang tahun ini dilaksanakan secara serentak di semua negara anggota ASEAN di negaranya masing-masing. Dimana kami tadi juga melakukan penaikan bendera dari 10 anggota negara ASEAN secara bersamaan.
Dan untuk Program-Program jangka panjangnya, tahun ini kita akan mengadakan ASEAN Culture Night, ASEAN Music Rock, ASEAN Kuliner Festival, dll.

Oleh : Santi Widianti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: