“…Ungkapan TERIMA KASIH Pemerintah JEPANG Kepada INDONESIA Lewat Ajang JAK – JAPAN MATSURI Festival 2011…”


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SLIDESHOW PHOTO LIPUTAN EVENT FESTIVAL Oleh Team Redaksi PENANTRA News Online

 

"...Gubernur DKI Bpk Fauzi Bowo saat Meeresmikan Acara..."

“…Jakarta (18/9) – Festival tahunan Jepang, Jak-Japan Matsuri hari itu telah dibuka dan akan berlangsung hingga tanggal 25 September 2011 ini. Bertempat di hotel Nikko, Jakarta, acara ini dibuka dengansambutan dari Ketua Panitia Acara Mr.Kurota. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Mr. Yoshinori Katori. Serta, ditutup oleh sambutan dari Gubernur Jakarta Bpk Fauzi Bowo. Festival yang menandakan Persahabatan Indonesia – Jepang ini, sudah memasuki usia ketiga. Kali ini tema yang diangkat adalah Terima Kasih Indonesia, sebagai wujud rasa syukur rakyat dan pemerintah Jepang atas bantuan, perhatian, serta dukungan Rakyat juga Pemerintah Indonesia ketika Jepang dilanda musibah Tsunami Maret lalu. Acara diawali dengan performa tabuh genderang Jepang. Kemudian dilanjutkan dengan tarian selamat datang khas Betawi, yang dibawakan lewat tari Kembang Topeng. Dalam sambutannya, baik Ketua Panitya Mr.Kurota, Dubes Jepang untuk RI Yoshinori Katori maupun Gubernur DKI Jakarta Bpk Fauzi Bowo, menyambut baik acara yang diinisiasi oleh perayaan 50 tahun hubungan Persahabatan Indonesia – Jepang pada 2008 lalu.

"...Suasana para Hadirin Saat Jalannya Acara...."

Perayaan ini, kemudian disepakati menjadi acara rutin tahunan, untuk semakin mempererat hubungan persahabatan Indonesia – Jepang itu. “…Ungkap Dubes Jepang untuk RI Yoshinori Katori kepada redaksi PENANTRA News bahwa : Acara ini juga diharapkan dapat semakin mendekatkan masyarakat Jepang yang ada di Indonesia dengan masyarakat Indonesia itu sendiri. Acara kemudian secara resmi dibuka oleh ketiga tokoh ini dengan membunyikan genderang khas Jepang secara bersamaan dan penumbukan mochi. Disampaikan pula video dari Walikota, Kepala Sekolah Dasar, dan anak-anak Sekolah Dasar di kota Kesennuma yang dilanda tsunami yang dahsyat. Mereka menyatakan rasa terimakasihnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhyono. Serta masyarakat Indonesia seluruhnya, atas pemberian bantuan kepada kota dan sekolah-sekolah di kota itu. Dalam kunjungannya ke Kesennuma, Presiden dan ibu negara memberikan bantuan sandang, dan mainan anak-anak berupa angklung dan boneka.

"...Pertunjukan Musik Tradisional Jepang..." Pengisi Acara Jak - Japan Matsuri 2011

Untuk menghibur anak-anak yang tertimpa musibah di Kesennuma. Ungkapan terimakasih ini lalu dipertunjukkan anak-anak sekolah dasar di kensennuma dengan memberikan pertunjukkan lagu rakyat dan tarian Jepang, Sakura-sakura, yang diiringi dengan alunan angklung. Ketua Panitya Acar M.r Kurota, menilai acara tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. “…Jumlah pengunjung juga meningkat…” terangnya. “…Tahun lalu tidak seramai ini…” imbuhnya lagi kepada redaksi PENANTRA News. Usai pembukaan, acara yang diadakan di Ballroom hotel Nikko ini pun dilanjutkan dengan Pertandingan Memasak Sushi, demo menyiapkan sushi dari seekor tuna utuh berukuran besar, serta diramaikan dengan berbagai macam booth makanan di luar ruang ballroom. Terdapat pula Pameran Foto bertajuk “…Terima Kasih Indonesia…” yang digelar di Hotel Nikko hingga 24 September 2011.

"...Atraksi Upacara Minum Teh Ala Jepang...." Yg Turut di Tampilkan dlm Acara

Agak memojok di sebelah kanan gedung, ternyata ada booth khusus yang memberikan demonstrasi upacara minum teh ala Jepang yang digelar oleh Urasenke Takokai, lembaga kursus upacara minum teh Jepang. Dipamerkan pula, rangkaian bunga khas Jepang, Ikebana. Bunga-bunga dirangkai secara sederhana namun menarik. Bunga yang dirangkai ternyata tak mesti selalu indah dan mahal, bunga yang biasa kita temui dipinggir jalanpun ternyata berhasil dibuat jadi rangkaian sederhana yang unik.

Oleh : Eka Shantika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: