“..SIMPOSIUM Nasional Kepemudaan (SIMUDA 2011)..” Aksi PEMUDA untuk Negeri


Pemberian Penghargaan dan Kenang-Kenangan oleh Ketua BEM IPB, M. Reza Pahlevi, Pada Mantan Aktivis Jenal Abidin dan Mapresnas Leo .."

“..BOGOR- Simposium Nasional Kepemudaan (SIMUDA) dengan tema ” Membangun Budaya Pemuda Peduli Bangsa” diselenggarakan pada tanggal 29-30 Oktober di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga. Simposium ini diikuti oleh 34 perguruan tinggi yang datang dari berbagai provinsi, antara lain Jawa barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jambi, dan Bali. BEM Keluarga Mahasiswa IPB sebagai pihak penyelenggara memetik buah kerja keras mereka dalam mempersiapkan event nasional menyambut momentum peringatan HARI SUMPAH PEMUDA. SIMUDA 2011 mendapat sambutan hangat serta antusias dari para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi untuk dapat hadir dan berkumpul di Kota Bogor, berdiskusi dan berkonsiliasi menghasilkan sebuah rekomendasi juga solusi bagi permasalahan bangsa. Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan-sambutan dari tuan rumah, antara lain Ketua Panitia SIMUDA 2011 Rista Ardy Priatama, Ketua BEM-KM IPB M. Reza Pahlevi, dan Direktur Kemahasiswaan IPB Dr. Rimbawan, “Saya berharap mahasiswa mempunyai peran yang signifikan untuk perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik melalui tatanan yang positif, lewat tatanan dialog, tatanan diskusi, dan kalau tidak memungkinkan baru turun ke jalan”, terang Dr. Rimbawan kepada para peserta SIMUDA 2011.

".. Presentasi para pemenang karya tulis ilmiah.." bid. Ketahanan pangan (UI Depok), bid. Kesehatan (Univ. Muhammadiyah Yogyakarta), bid. Korupsi (Undip Semarang), bid. ekonomi dan pendidikan(UNBRAW Malang)

Leo Wibisono Arifin, Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2011, menyampaikan Orasi Ilmiahnya tentang bagaimana Generasi Muda dapat melepaskan Bangsa Indonesia di Tahun 2020. Menurut Leo, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemuda dalam berkontribusi bagi bangsa. Antara lain dengan beraksi dalam Bidang Pendidikan, Bidang Kewirausahaan sosio-preneur, Bidang Kemasyarakatan (Pemberdayaan/Advokasi masyarakat), dan Organisator/Pelayanan Publik. Sementara Mantan Aktivis Mahasiswa Jenal Abidin Spt, Mpd dalam orasinya menegaskan bahwa momen Sumpah Pemuda adalah bentuk kepedulian para pemuda 83 tahun lalu yang memilliki visi bersama hingga terwujud sebuah Bangsa Indonesia, kini bila pemuda tidak miliki visi bersama dalam arah perjuangan selanjutnya maka Indonesia akan hanya tinggal sejarah, sebuah negara yang belum sempat menjadi negara adidaya seperti yang diramalkan tetapi sudah terhempas oleh suatu perpecahan. “.. Oleh karena itu pahami kondisi bangsa kita sekarang dan bergeraklah untuk perbaikan dengan cara apapun..!”, serunya. Di tengah sorotan publik terhadap lemahnya peran dan kontrol mahasiswa terhadap kondisi negara serta perhatian media pada perilaku negatif para pemuda yang menimbulkan kegelisahan para generasi pendahulu, Simposium Nasional Kepemudaan ini menjadi suatu aksi nyata bahwa para Generasi Muda masih mempunyai semangat yang tinggi untuk memajukan Bangsa Indonesia melalui integritas bangsa yang kuat. Kegiatan ini juga ditujukan dalam rangka mempersiapkan Generasi Era-Milenium ini untuk melanjutkan perjuangan, senantiasa bersatu dalam mempertahankan dan menjaga aset bangsa Indonesia sesuai dengan kapasitas potensinya.

"..Para Peserta Simposium Nasional Kepemudaan.." yang berasal dari 34 Perguruan Tinggi di Indonesia

” Acara ini berawal dari keresahan kita bersama melihat derasnya arus globalisasi dengan berbagai masalah negara yang muncul bertubi-tubi, tetapi semangat kepemudaan dari muda-mudi Indonesia malah menurun. Maka kita mencoba men“sounding”kan kembali tentang semangat kepemudaan yang dulu luar bisa menggema pada 1928 hingga sekarang, dan kita tekankan disini bahwa pemuda tidak hanya bisa mengkritisi tetapi juga bisa memberikan sebuah solusi”, ujar Ketua Panitia, Rista Ardi Pratama, kepada PENANTRA. Sementara Ketua BEM KM IPB, M. Reza Pahlevi menyatakan pada redaksi, “Disini kami ingin memunculkan potensi-potensi pemuda dalam memberikan pemikiran kritis dan rekomendasi untuk permasalahan, melalui karya tulis dan focus on group discussion di bidang ekonomi, ketahanan pangan, pemberantasan korupsi, pendidikan dan kesehatan sebagai bidang yang sedang booming dan patut dicarikan sesegera mungkin solusinya. Kami yakin lewat simposium pemuda ini, menunjukkan bahwa aksi pemuda tidak hanya demo turun jalan, tetapi juga memberi solusi, bahkan berpartisipasi dalam membangun bangsa”. Simposium ini membawa angin segar dan orientasi arah tujuan pergerakan pemuda kedepannya untuk membangun karakter bangsa. Bila Karakter Bangsa yang dicetuskan oleh Bung Karno sebagai Trilogi Trisakti yaitu “Berdaulat di Bidang Politik, Berdikari di Bidang Ekonomi, dan Berkepribadian di Bidang Kebudayaan “mengakar kembali pada pribadi individu masyarakat Indonesia. Pasti sebuah perubahan besar akan menggemuruh di Tanah air Indonesia dan kelak dunia akan menyaksikan Indonesia menjadi suatu bangsa yang lebih berdaulat dan bermartabat.

Sambutan dari Ketua Panitia SIMUDA 2011 "..Rista Ardy Priatama.."

Simposium Nasional Pemuda 2011 ini akan menetaskan sebuah Deklarasi bersama sebagai pernyataan sikap dari peserta yang akan dibacakan usai rangkaian kegiatan. Deklarasi ini merupakan bentuk wujud kepedulian pemuda dalam memahami perannya untuk senantiasa cinta dan bangga atas potensi bangsa Indonesia dan permasalahan bangsa, serta siap melakukan aksi nyata untuk memperkuat karakteristik bangsa. Diharapkan simposium ini akan membuahkan hasil yang berkelanjutan sehingga Deklarasi dan hasil Diskusi Bersama akan dikawal menuju pucuk pimpinan tertinggi melalui jalur Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta MPR/DPR.

Oleh : Dwi Pravita G.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: