“..Semarak Perayaan 50 Tahun HIERARKI GEREJA KATOLIK INDONESIA di Katedral Jakarta..”



"...Mgr. Antonio.F Duta Besar Vatikan utk Indonesia..."

“…Jakarta(17/11/2011), Dewan Gereja Katedral Jakarta pada Kamis, 17 November 2011 pukul 17.00 wib menyelenggarakan Misa Agung dalam rangka 50 tahun Hirarki Gereja Katolik Indonesia di Gereja St. Perawan Maria Diangkat Ke Surga Katedral Jakarta. Misa Agung ini diikuti oleh para Uskup seluruh Indonesia dan di pimpin oleh Uskup Agung Mgr. Ignatius Suharyo. Sekitar 37 orang Uskup turut dalam memimpin Misa Agung ini. Dan dihadiri pula oleh Mgr. Antonio F. Duta Besar Vatican untukGereja Katolik Indonesia. Misa ini juga menjadi acara penutup dari Konferensi Waligereja Indonesia yang telah diadakan selama 10 hari. Dan dalam wadah Konferensi Waligereja Indonesia telah dihasilkan kebijakan-kebijakan pastoral yang bermanfaat untuk perkembangan Iman Umat selama 50 tahun ini. Misa di hadiri oleh sekitar 1000 orang umat dan yang menarik mereka diminta untuk menggunakan pakaian tradisional dalam misa ini. Namun bagi yang tidak menggunakan pakaian tradisional tentu tetap dapat mengikuti Misa tersebut. Tarian tradisional Jawa Tengah juga mewarnai Misa Agung ini sebagai tari pembuka dan penyambut jajaran Uskup Agung se Indonesia yang memasuki Gereja untuk dimulainya Misa Agung. Dan tari dari Sumatera Utara (Batak) saat mengiringi petugas membawa Persembahan yang akan diserahkan pada para Uskup sebelum Doa Persembahan.

"...Para Penari Yang Turut Memeriahkan Acara 50 Tahun Gereja Katholik Indonesia..."

Seluruh petugas juga menggunakan pakaian tradisional, baik pembaca liturgi maupun para personel Paduan Suara. Dan Lantunan lagu-lagu rohani di sajikan dengan apik dengan nada-nada gaya daerah seperti gaya Sunda, Jawa, Manado, Dayak, Flores, Batak, dan Keroncong tanpa mengurangi rasa hikmat dalam lagu-lagu tersebut. Madah Pujian dan Syukur tak terhingga atas segala karya Allah Tritunggal yang mahamulia dilambungkan oleh seluruh Dewan Waligereja Indonesia dan seluruh umat karena hasil buahnya sangat nyata sehingga dalam keberagamannya, Indonesia diakui mampu mengemudikan sendiri bahtera hidup dan karya Gereja di tanah air tercinta. Usai Misa Agung diselenggarakan Ramah Tamah antara Para Uskup dengan seluruh Umat yang hadir. Juga dibagikan brosure untuk penggalangan dana dalam rangka pembuatan Film “…SOEGIJA…” yaitu pembuatan film layar lebar tentang Mgr. Albertus Soegijapranata, Uskup pribumi pertama pada masa perjuangan Kemerdekaan RI. Film ini dibuat untuk mengangkat Nasionalisme, Kemerdekaan dan Keimanan. Dengan Garin Nugroho sebagai Sutradara.

"...Suasana Jalannya Misa Peringatan 50 Tahun Gereja Katholik Indonesia..."

Yang ingin berpartipasi untuk suksesnya Film tersebut dapat menghubungi Sekretariat Studio Audio Visual Puskat, Kaliurang Yogyakarta (telp. 0274-883539). Contact person : KaWeKa 0812 98 26 26 00. Atau di transfer ke rek BCA KCU Semarang no rek. 009 5251 451 a/n. Alexius Dwiaryanto dan Y.I. Iswarahadi. Dan bukti transfer harap di kirim ke faximile nomor 0274-883538 atau 021-3913362.Kemanusiaan itu satu. Kendati berbeda bangsa, asal-usul dan ragamnya, berlainan bahasa dan adat istiadatnya, kemajuan dan cara hidupnya, semua merupakan satu keluarga besar. Satu keluarga besar di mana anak-anak masa depan tidak lagi mendengar nyanyian berbau kekerasan, tidak menuliskan kata-kata bermandi darah, jangan lagi ada curiga, kebencian dan permusuhan. ( Mgr. Albertus Soegijapranata,SJ ).

Oleh : Albert Dody Richmanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: