Sehat Alami dengan “..Herbal ANTING-ANTING..”


"..Carilah Tanaman Anting-Anting yang cukup tua agar lebih Berkhasiat.."

Pernahkah anda melihat kucing mengunyah-ngunyah atau memakan jenis tumbuhan tertentu? Tentunya kita tahu bahwa kucing adalah hewan pemakan daging/karnivora, sehingga kucing yang memakan tumbuhan tampak seperti suatu hal yang janggal. Tapi ternyata ada alasan dibalik perilaku aneh tersebut. Hanya kucing yang sedang sakitlah yang memakan tumbuhan, dan dengan instingnya mereka dapat mengetahui jenis tumbuhan apa yang dapat mengobati penyakit tersebut.
Salah satu tanaman yang sering dimakan kucing atau anjing adalah Anting-Anting (Acalypha australis L). Percaya atau tidak, dari penelusuran tim redaksi PENANTRA diketahui bahwa tanaman anting-anting telah digunakan sebagai obat tradisional oleh nenek moyang kita secara turun temurun. Khasiatnya cukup beragam, sebagai Anti biotik, anti radang, peluruh kencing, menghentikan pendarahan dan gangguan pencernaan. Cara menggunakan tumbuhan ini sebagai obat juga cukup mudah, sebanyak 30-60 gram (atau 7 batang tumbuhan anting-anting yang cukup tua, dengan ciri batang telah mengeras dan berwarna coklat dengan tinggi 30 cm) diambil seluruh bagian tumbuhan hingga ke akarnya, kemudian dalam keadaan segar atau dikeringkan terlebih dahulu. Akar dan bagian tumbuhan lainnya dicincang dan dibersihkan dari kotoran, dan direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih, kecilkan api hingga tinggal tersisa dua gelas air, letakkan pada gelas, tutup dan diamkan hingga dingin, air inilah yang diminum 2x sehari secara rutin hingga keluhan penyakit berangsur membaik dan sembuh.

"..Awasi peliharaan anda saat menjemur Anting-Anting agar tidak dimakan seperti ini.."

Ramuan sederhana ini dapat digunakan untuk mengobati disentri, batuk, rematik, benjolan pada tubuh, mimisan, berak darah, diare, hingga muntah darah. Penyakit kulit, Eksema, atau Koreng dapat disembuhkan dengan mencuci kulit yang sakit dengan air rebusan anting-anting. Keampuhan khasiat anting-anting bertambah tergantung tingkat ketuaannya. Seperti orang bilang ” Tua-Tua Keladi “, semakin tua tanaman ini, semakin menjadi banyak kandungan zat aktif di dalamnya. Tanaman herbal anting-anting, atau dikenal juga dengan sebutan kucing-kucing dapat menjadi alternatif obat yang efisien tanpa efek samping dan terjangkau untuk semua kalangan, bahan bakunya dapat ditemukan dimana saja, di pinggir jalan, lapangan rumput, tumbuh liar di kebun atau pekarangan, dan di lahan tidur. Jika ingin membudidayakan tanaman ini di apotek hidup keluarga, tanaman ini sangat mudah dipelihara, perbanyakannya dapat menggunakan bijinya yang disebar di tempat yang agak teduh namun mendapat sinar matahari cukup. Kabar baiknya lagi untuk para penghobi burung, tanaman ini juga bisa untuk menggurah agar burung bersuara jernih. Yuk, kita manfaatkan tanaman obat yang satu ini untuk hidup yang lebih sehat..!

Dwi Pravita G.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: