“..Indonesian SAND SCULPTURE Festival..” Festival Patung Pasir Internasional bertema Wonders of World and Indonesia


"...Replika Candi Borobudur dan para Biksu Budha Koleksi dlm Festival Patung Pasir 2012..."

“…BOGOR-1st Sand Sclupture Festival atau Festival Patung Pasir pertamakalinya digelar di Indonesia pada pergantian tahun ini, tepatnya sejak 18 Desember 2011 – 28 Januari 2011. Pameran ini terselenggara dengan melibatkan 22 perupa pasir dari 11 negara yang tergabung dalam World Sand Sculpting Academy (WSSA) dan atas kerjasama yang baik antara Winmark Mendawai Indonesia sebagai pihak penyelenggara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Sentul City. Dan tidak tanggung-tanggung, perhelatan perdana Indonesia Sand Sculpture Festival (ISSF) dikemas dalam skala internasional sekaligus menjadi festival terbesar di Asia Tenggara. ISSF 2011 mengangkat tema “Wonders of Indonesia and Wonders World”. Bukan Hal yang mudah memang menghadirkan 40 model keajaiban dunia dan indonesia yang monumental, karenanya WSSA pun menurunkan para perupa pasir terbaiknya yang berasal dari Amerika, Inggris, Ukraina, Belanda, Itali, Mexico, Spanyol, Belgia, Republik Checz, Singapura dan Jepang. Diperlukan sekitar 2400 ton pasir sungai dari Cilegon dan proses konstruksi selama dua minggu bagi 22 seniman ini untuk mewujudkan karya luar biasa tersebut.

"...Dissy Widyaputri Program Director Winmark..."

Bentuk karya yang dieksibisikan antara lain Candi Borobudur dan Prambanan, Wayang Golek, Garuda Wisnu Kencana, Rumah Gadang, Piramida berikut Sphynx dan Pharosnya, Patung Liberty dan New york, Big Bang dan London Bridge, Taj Mahal, Patung Yesus yang Disalib, Flora-Fauna Indonesia dan Australia, dan bangunan lainnya. Menurut Program Director Winmark, Dissy Widyastuti dalam wawancaranya dengan team redaksi NRM (Nasionalis Rakyat Merdeka) News Online, terselenggaranya Festival patung pasir ini merupakan cita-cita dari Direktur Winmark Gita Aryanti sejak dua tahun yang lalu dan baru dapat terealisasi pada tahun ini. ” Sejauh ini jumlah pengunjung telah mencapai 7000 orang dan banyak permintaan untuk memperpanjang festival ini serta menjadikannya festival tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”, ungkapnya. ” Sayangnya bibit-bibit pemahat pasir dari Indonesia belum ada, semoga melalui Sand Sculpture Festival ini dapat menggugah seniman-seniman Indonesia untuk memperdalam ilmunya di bidang teknik memahat pasir,” harapnya kemudian.

"...Replika Patung Liberty dan Newyork Salah satu Koleksi dalam Festival Patung Pasir..."

ISSF 2011 ini memang megah, dengan patung-patung keajaiban dunia setinggi 2-7 meter, membuat pengunjung berdecak kagum dan bertanya-tanya bagaimana teknik pembuatannya sehingga pasir yang bertekstur rapuh dapat dipahat dalam volume dan ukuran yang besar tanpa hancur? ” Sebelumnya kami mengirimkan beberapa sampel pasir dari berbagai daerah di Indonesia ke WSSA dan ternyata pasir dari Cilegon yang terpilih karena proses pemadatannya paling bagus, proses pembuatannya juga tersaji pada galeri gambar di ISSF 2011 ini”, ungkap Dissy. “Sebagai sarana edukasi bagi anak kami sediakan tempat bermain pasir dan setelah mereka melihat patung-patung pasir yang ada, mereka dapat mempraktekan bagaimana cara membuat bangunan dari pasir tanpa hancur”. International Sand Sculpture Festival merupakan ajang rekreasi yang edukatif dan informatif bagi keluarga dan wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival berlangsung hingga tanggal 28 Januari 2011 di alam Fantasia, Taman Budaya Sentul, setiap hari dari jam 11.00-19.00 dengan HTM Rp 50.000…” Selamat BERTANDANG

Oleh : Albert Dody R

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: