“..KILAS BALIK 2011..” Pameran dan Peluncuran Buku Fotografi Jurnalistik ANTARA



"..Ketiga Menteri menandatangani poster pameran foto jurnalistik Kilas Balik 2011.."

JAKARTA – (Jumat, 20/01/2012) Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Direktur Utama Kantor Berita Antara Ahmad Mukhlis Yusuf membuka pameran dan peluncuran buku fotografi Jurnalistik bertajuk KILAS BALIK 2011″ . Acara ini diselenggarakan di Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA), tepatnya di Jalan Antara No 59, Pasar Baru, Jakarta. Pameran yang diselenggarakan bekerjasama dengan Divisi Mandiri Foto Antara merupakan pembuka dari rangkaian peringatan 20 tahun pengabdian GFJA dan 74 tahun perjalanan Kantor Berita Antara. “Semenjak tahun 1937 ANTARA didirikan, foto-foto ini adalah medium dimana para pewarta foto berjuang menyampaikan sesuatu untuk memperbaiki masyarakat ” ucap Dirut Kantor Berita Antara Ahmad Mukhlis Yusuf pada sambutannya. Hal ini diapresiasi dengan baik oleh ketiga menteri yang hadir malam itu dan mengundang tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

"..Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam sambutannya di GFJA.."

” Memang pewarta foto benar-benar merekam sejarah yang momennya tidak akan berulang, kami sangat dibantu dengan para pewarta foto untuk menceritakan keindahan alam Indonesia, kekayaan budaya dan seni Indonesia dan fotografi sendiri sebenarnya adalah bagian dari industri kreatif yang kami tunggu untuk terus berkreasi..!” ucap Mari Elka Pangestu yang berkeinginan mengadakan suatu Lomba Foto Jurnalistik dengan Tema Pariwisata kelak. ” Saya memberikan apresiasi yang tinggi pada rekan-rekan, para jurnalis foto, yang menggambarkan sejarah perjalanan bangsa ini. Kita tidak bisa mengatakan itu sekedar fakta saja, akan tetapi itu adalah sebuah mahakarya seni juga, dapat luar biasa menggugah dan menginspirasi orang yang melihatnya”, ungkap Hatta Rajasa. Zulkifli Hasan mengatakan foto dan publikasi jurnalistik sangat bermanfaat bagi masyarakat maupun pemerintah, “Melalui foto, publik akan langsung percaya tentang suatu fakta kejadian, semua disampaikan oleh foto dengan apa adanya, yang rusak akan terlihat rusak, dan yang baik akan terlihat baik”, ujarnya kemudian.

"..Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa sedang mengapresiasi karya pewarta foto Antara.."

Pameran dan Buku Kilas balik 2011 menyajikan foto-foto karya pewarta foto Kantor Berita Antara yang dicuplik dari beragam medan penting di seluruh tanah air sepanjang tahun 2011 seperti peristiwa politik, ekonomi, seni budaya, dan olahraga . Merupakan foto-foto pilihan dari sebanyak 52.286 foto yang disiarkan Antara sepanjang 2011. Sebagai sampul buku, dipilih foto seorang anak kecil yang menggunakan topeng putih bertuliskan “Hentikan Perampasan Upah” dengan sorot mata meyiratkan dua sisi antara kepedihan dan harapan. Ia adalah Repti, anak dari salah satu korban kekerasan TKI di Arab Saudi yang ikut berunjuk rasa di Istana Negara pada awal tahun 2011. Acara dimeriahkan dengan pemutaran Film Fotografi dan pertunjukkan “Blues 4 Freedom” . Pameran dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 21 Januari- 20 Februari 2012 di GFJA mulai pukul 10.00-20.00 setiap harinya kecuali pada hari Senin dan hari besar.

Dwi Pravita G.
(Dok: DP.Ganatri/ Fadhilah IM.)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: