“…WISATA ALAM GUNUNG BROMO…”



"...Gunung Bromo..."

“…Daya tarik dan keindahan alam Bromo memang luar biasa. Meskipun termasuk gunung berapi aktif, namun ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara kerap mendatangi gunung berapi dengan ketinggian 2.392 mdpl itu. Gunung Bromo terletak di desa Ngadisari, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. BROMO sendiri berasal dari bahasa Sansekerta “…BRAHMA…”, Dewa utama dalam mitologi Hindu sebagai Dewa Penciptaan. Secara geologis, terbentuknya gunung Bromo dan Lautan Pasirnya yang terkenal berawal dari keberadaan Gunung Tengger, Gunung Api tua yang terbentuk sekitar satu juta tahun lalu dan merupakan Gunung Terbesar dan Tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian berkisar 4000 m. Sejarah Pembentukan Dataran Tinggi dan pegunungan Tengger singkatnya sebagai berikut. Gunung Tengger Aktif dan timbullah letusan kecil yang melempar sejumlah materi vulkanik ke tenggara membentuk lembah besar dan dalam sampai ke desa Sapi Kerep. Kemudian Gunung Tengger meletus dahsyat dan terbentuklah kaldera dengan diameter lebih dari 8 kilometer. Materi vulkanik letusan lanjutan tertumpuk di dalam kaldera yang luas dan dalam.

"...Lautan Pasir Gunung Bromo..."

Kaldera tersebut kini menjadi lautan pasir dan aktivitas vulkanik lanjutan yang tertumpuk tersebut menjadi gunung – gunung baru di dalam kaldera tengger yang luas. Antara lain Gunung Widodaren, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok, dan Gunung Bromo. Laut pasir dikelilingi tebing kaldera yang sangat terjal dengan kemiringan ±60-80 derajat dan tinggi berkisar antara 200-600 meter.Terdapat sekitar 7 gunung yang mengelilingi kaldera tengger dengan gunung tertinggi adalah G. Penanjakan (2.770 m dpl.), di Pananjankan inilah lokasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengabadikan Gunung Bromo dan Gunung Batok dengan Latar Belakang Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Kawah Bromo yang dikenal sebagai ” Kawah di tengah Kawah “sampai saat ini masih terlihat mengepulkan asap putih setiap saat, menandakan gunung ini sampai kini masih aktif. Menurut para Wisatawan, Gunung Bromo adalah Tempat Terindah untuk menyaksikan matahari terbit. Kemegahan alam sangat terasa di tempat ini saat melihat matahari pelan-pelan terbit di ufuk timur dari balik awan yang bergulung seperti lautan di bawah kita. Dan saat surya itu telah terbit penuh, menggantung di atas lautan awan, maka terlihatlah Gunung Bromo dan Gunung Batok di tengah Lautan Pasir dengan Gunung Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa berdiri kokoh di belakang keduanya.

"...Kuda sebagai Alat Transportasi bagi para Wisatawan di Lautan Pasir Bromo

tak pelak para wisatawan bertepuk tangan karena kagum melihat atraksi alam yang berlangsung sekitar 30 menit di pagi itu. Jangan lupa membawa baju hangat dan perlengkapan penghangat lainnya. Karena udara sangat dingin dan ditambah pula dengan angin yang kencang. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan mendaki gunung Bromo melalui sekitar 250 anak tangga hingga puncaknya. Apabila tidak mau capai, banyak tersedia sewaan kuda dengan ongkos 70 ribu rupiah. Anda akan naik kuda dengan aman karena pemiliknya akan menuntun kuda tersebut. Di puncak Bromo dapat terlihat kepulan asap kawah Bromo yang sedikit berbau belerang. Kawah inilah yang menjadi tempat melarung sesaji pada puncak perayaan Kasada Masyarakat Hindu Tengger. Pemandangan disekitarnya berupa keindahan lautan pasir dan Pura Luhur Poten Bromo yang tampak anggun di kaki gunung Bromo. Untuk menuju Gunung Bromo, ada beberapa jalur yang dapat ditempuh, namun yang paling umum adalah melalui Probolinggo. Dari Terminal Probolinggo, dilanjutkan dengan naik angkutan desa jurusan Ngadisari, biayanya sekitar 25 ribu rupiah. Akses dapat pula ditempuh dengan kendaraan pribadi, namun untuk menyebrangi lautan pasir, kendaraan biasa harus ditinggal, dan anda dapat menyewa mobil Hardtop yang tersedia. Selamat BERTANDANG…

Oleh : A. Dody Richmanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: