“…WAPRES RI dan Sejumlah MENTERI Anugerahkan PIALA Indonesia MDG Awards pada 21 INOVATOR Terbaik BANGSA…”


".. Wapres RI Boediono memberikan piala IMA 2011 kepada inovator peraih penghargaan khusus.."

Jakarta (01/02/ 2012) – Rangkaian kegiatan program kompetisi pencapaian hasil-hasil pembangunan nasional yang terangkum dalam Indonesia Millennium Development Goal Awards (IMA) 2011 “Beraksi Untuk Negeri” berakhir dengan sukses dan mendapatkan penghargaan serta apresiasi yang tinggi dari Wakil Presiden RI Bapak Boediono. Acara yang berlangsung selama 2 hari semenjak tanggal 31 Januari -1 Februari 2012 ini berhasil mengindentifikasi 21 pelaku pembangunan terbaik dari seluruh Indonesia yang berhak naik ke panggung kehormatan di Balai Kartini Jakarta, 1 Februari 2012 . Penghargaan khusus IMA 2011 diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. Boediono, M. Ec kepada para pelaku pembangunan yang secara istimewa melakukan inovasi, mengalokasikan anggaran yang berpihak pada MDGs secara khusus dan memastikan keberlangsungan program dalam jangka panjang. Yaitu, Kabupaten Flores Timur, Kota Payakumbuh, PT Indika Energy Tbk, lembaga Aisyah Muhammadiyah, Indonesia Future Leaders, Indonesia Mengajar, dan Raden Muhammad Rais dari Nusa Tenggara Barat sebagai inovasi pencerah nusantara.

"..Menkokesra Agung Laksono memberikan piala IMA 2011 pada pemenang kateegori nutrisi."

Dari 40 nominator yang terdiri dari pemerintah kabupaten / kota, sektor swasta, organisasi pemuda dan lembaga swadaya masyarakat, terpilih sebanyak 15 inisiator terbaik untuk menerima penganugerahan penghargaan umum atas praktek-praktek cerdas yang mereka buktikan dalam mengupayakan pencapaian MDGs pada beberapa kategori, diantaranya adalah

  1. Kategori Kesehatan Ibu dan Anak diberikan oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari, S.IP kepada Kabupaten Pasuruan, Yayasan Unilever Indonesia Yogyakarta-Jatim, dan Yayasan Kesehatan Untuk Semua (YKS) dari Flores Timur.
  2. Kategori Akses kepada Air Bersih dan Sanitasi Dasar diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum, Ir. Djoko Kirmanto, Dipl.HE kepada Kabupaten Wonosobo, Organisasi Pemuda Satoe Indonesia Ciwidey Jawa Barat, GE Indonesia dan HIPPAM Seger Waras Pasuruan.
  3. Kategori Nutrisi diberikan oleh Menko Kesra Agung Laksono kepada Dinas Kesehatan Kota Depok, Pusat Informasi Remaja Konseling Jombang, PT Indofood, serta Yayasan Pondok Kasih Surabaya.
  4. Kategori penanggulangan HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya diberikan oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, S.H., MM. kepada Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Pusat Informasi Konseling Remaja Jombang, PT Tjiwi Kimia Sidoarjo dan Yayasan Keluarga Bunda Kabupaten Sikka NTT.

"..Tim redaksi PENANTRA bersama Ketua Dewan Juri IMA 2011 Prof Nila Moeloek dan Ketua Penyelenggara IMA 2011 Diah S. Samiarsih.."

“MDGs adalah gerakan sedunia untuk mengangkat martabat manusia. Sasaran-sasaran MDGs kita capai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sekaligus menunjukkan posisi dan peringkat Indonesia di mata dunia, karenanya pencapaian MDGs merupakan hajat bangsa, menjadi pekerjaan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkannya”, tegas Wakil Presiden RI Boediono sehabis memberikan penghargaan khusus IMA 2011. Untuk lebih menggaungkan percepatan pencapaian sasaran pembangunan global (MDGs) ini, panitia menyelenggarakan Festival Nasional MDGs yang memberikan pembekalan dan kesempatan kepada para peserta festival untuk menjadi Pencerah Nusantara. Setiap Pencerah Nusantara adalah motivator yang beraksi untuk mencapai kesejahteraan rakyat di semua bidang kehidupan masyarakat untuk melakukan praktek cerdas di tingkat internasional, nasional dan daerah yang berkontribusi secara positif pada pencapaian MDGs. Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs sekaligus ketua Dewan Juri IMA 2011, Prof. Nila Moeloek mengatakan bahwa menyelenggarakan sebuah ajang penghargaan adalah hal yang sederhana, jauh lebih penting adalah keberhasilan menggugah para pemangku kepentingan untuk mengakselerasi pencapaian butir-butir MDGs sesuai target tahun 2015.

Oleh : Dwi Pravita G.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: