“…Indonesia FASHION Week 2012…” Warna – Warni PESONA Indonesia dalam Balutan DESAIN


 

"..Keempat menteri bersama para tokoh industri fashion setelah meresmikan IFW 2012.."

JAKARTA — Indonesia Fashion Week (IFW) digelar untuk pertama kalinya di Jakarta, Ekshibisi dan perhelatan dunia mode ini merupakan salah satu rangkaian dalam peta jalan menuju Indonesia sebagai pusat mode Asia pada tahun 2025. Mengawali debut sebagai melting ground acara fashion se-Indonesia, APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia) menyelenggarakan IFW 2012 selama 4 hari, tepatnya tanggal 23-26 Februari 2012 di Jakarta Convention Centre (JCC). Tema Colorful Indonesia menjadi benang merah IFW 2012 yang mengedepankan warna-warni karya desainer lokal dalam menguatkan identitas budaya Indonesia. Kekayaan tradisi bangsa tertuang apik dalam busana-busana ready to wear pada pekan fashion perdana ini. Tidak tanggung-tanggung, Para Menteri, pejabat teras, para desainer serta pecinta fashion dari berbagai kalangan hadir dalam pembukaan acara yang berlangsung di Plenary Hall JCC Senayan. Dalam sambutannya Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Menteri Perdagangan Gita I. Wirjawan, Menteri Negara Koperasi dan UKM Dr. Syarief Hasan, dan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Hatta Rajasa.

"..Dewi Sandra, Ambassador of Indonesia Fashion Week 2012.."

Menyatakan dukungan penuh untuk acara Indonesia Fashion Week ini sebagai suatu langkah besar dalam menaklukan pasar mode dunia dan meningkatkan kesejahteraan para pelestari kain tradisional nusantara serta meningkatkan perekonomian bangsa pada akhirnya. Karena di tangan desainerlah, produk kain tradisional yang diproses secara rumit namun harganya tidak sebanding dengan kerja para pengrajinnya akan mendapatkan nilai tambah bahkan dapat mendunia melalui aneka produk fashion yang kreatif. ” Kita sering salah kaprah bahwa dunia fashion adalah dunia yang glamour dan lux, namun tema IFW mencerminkan pemikiran yang tidak saja menekankan fashion pada aspek bisnis ekonomi semata, tetapi juga mencakup pengembangan kreativitas dan penghargaan warisan budaya Indonesia . Seorang desainer mengangkat itu semua dan memperkenalkannya ke mancanegara sebagai kekayaan tradisi Indonesia”, ungkap Hatta Rajasa dalam sambutannya. Dewi Sandra, yang terpilih menjadi Ambassador IFW 2012 menyatakan bahwa ia dipilih menjadi ikon di IFW untuk mengajak masyarakat mencintai produk lokal, ” Sebagai duta saya mengajak orang-orang untuk mensupport para desainer dan pecinta fashion agar mendukung dan memperkenalkan fashion terhadap sesama masyarakat maupun ke dunia. Kadang kita suka silau oleh produk brand besar dan internasional hingga kita lupa bahwa mereka membuatnya di Indonesia. Jadi siapa lagi kalau bukan kita, orang Indonesia, yang memakai produk kita sendiri”, tuturnya. Indonesia fashion week akan menjadi ikon industri fashion Indonesia untuk maju ke pentas global. Dengan menyajikan fashion secara keseluruhan baik sebagai kreasi maupun bisnis, IFW menyuguhkan kekayaan kreatif dunia fashion.

"..Pengrajin Kain Tenun Ikat Nusa Tenggara dalam IFW 2012.."

Melalui peragaan busana, sekaligus mendorong masyarakat luas memahami industri fashion secara mendalam. Tradeshow, kompetisi dan seminar menjadi agenda acara pekan fashion ini. Berdasarkan data kementerian perdagangan, Industri fashion merupakan penyumbang terbesar dari 14 macam industri kreatif. Kontribusi industri ini dalam 5 tahun terakhir terhadap pembentukan PDB rata-rata sebesar 5,9% atau setara dengan 71,9 triliun rupiah dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 54,5% atau sebesar 4 juta orang dan pendapatan devisa sekitar Rp 50,3 triliun. Potensi ini mendorong pemerintah menargetkan pencapaian kontribusi industri kreatif fashion tumbuh sebesar 10-11% pada tahun 2025. IFW hadir untuk memberikan jawaban atas tantangan yang dihadapi industri fashion Indonesia dengan mengajak masyarakat tidak hanya mencintai produk lokal tetapi juga menggunakannya. Perhelatan fashion ini juga akan menjadi cikal bakal dari sebuah perjalanan panjang dimana kekuatan lokal yang kita punya dapat terus bergaung bahkan lebih besar lagi di kancah Internasional.

Oleh : Dwi.P.Ganatri

Iklan

2 Tanggapan

  1. IFW memang bagus untuk mengabadikan budaya indonesia. . .industri industri juga ikut terbantu oleh IFW

    • thanks ya apresiasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: