“…BUKTIKAN Siap UJI Emisi, MOBIL Esemka SUKSES Lalui SOLO – JAKARTA…”


 

Mobil Esemka Rajawali yang siap menjalani uji emisi

Mobil Esemka yang melakukan perjalanan dari Solo hingga Jakarta, telah tiba di Jakarta Sabtu pagi (25/2). Mobil ini akan menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tangerang. Mobil Esemka tipe Rajawali ini, dikendarai sejak Jumat (24/2) pagi dari Semarang oleh FX Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo, dan Roy Suryo, anggota Komisi I DPR-RI. Mobil Esemka ini kemudian langsung dibawa ke markas Komunitas Ayo Selamatkan Indonesia di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan. Di markas komunitas ini, Joko Widodo, Walikota Solo beserta awak media, sudah menanti. Pria yang akrab dipanggil Jokowi ini, awalnya berencananya ikut menemani perjalanan mobil Esemka. Namun, lantaran berjaga-jaga dengan kemungkinan situasi banjir di Solo, ia menunda keberangkatan dan menyusul ke Jakarta pada Sabtu (25/2). Lepas dari Fatmawati, mobil ini langsung memenuhi agenda untuk mampir di sejumlah kantor media massa. Dalam keterangannya, ketika di temui di Menara MNC, Jokowi menyebutkanbahwa selama perjalanan, performa mobil ini sangat baik. “Tidak ada masalah,” terangnya. Bahkan mobil ini sempat di geber hingga 120 km/jam di tol Jawa Tengah, dan ternyata cukup stabil. Berdasarkan keterangan Jokowi, perjalanan Solo-Jakarta (sekitar 477 km) menghabiskan sekitar 53-56 liter bensin.

Dihadapan pers Jokowi menyebutkan bahwa mobil Esemka ini adalah mobil produksi rakyat, dengan merek dan kepemilikan asli Indonesia

Dengan demikian, konsumsi bensinnya, dapat diperkirakan sekitar 1:9 km/liter. Mobil berpelat merah dengan nomor AD 1 A ini, sehari-hari memang digunakan Jokowi sebagai mobil dinasnya. Fasih dipakai sehari-hari dan sukses melalui perjalanan Solo-Jakarta, membuat Jokowi kian optimis Esemka Rajawali akan lolos uji emisi yang dilaksanakan besok. “Yakin lolos. Wong, sudah melalui Solo-Jakarta ngga ada masalah, mau apa lagi? Ya, optimis dong,” tegasnya. Jokowi juga menambahkan bahwa setelah lolos uji emisi ini, mobil Esemka ini akan segera di produksi massal. Hal ini dipertegas pula oleh Dwi Budi Martono, Guru Teknik Kendaraan SMK 2 Solo, serta kepala sekolah SMK 2, Susanta. Menurut mereka uji emisi ini merupakan tahap akhir sebelum mobil ini dapat diproduksi massal dan dipasarkan. “Ada 51 pengujian yang harus dilalui dalam uji emisi ini,” terang Dwi. “Tapi, kami optimis, sebab beberapa uji tersebut sudah pernah kami lakukan. Lagipula kami sudah mengajukan untuk uji emisi ini sejak, kalau nggak salah Mei atau Agustus 2010,” paparnya. Untuk produksi massal, menurut Dwi, akan dilakukan di 33 SMK di seluruh Indonesia. Produksi ini akan dilakukan di bawah naungan PT Esemka sebagai agen tunggal pemegang merek mobil Esemka dan semua produk-produk SMK, termasuk laptop, dan sebagainya.

Oleh : Eka Santhika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: