“…FESTIVAL DONGDANG 2012…” GELARAN Rasa SYUKUR dan KREATIVITAS Warga BOGOR…”


 

"...Alat musik tradisional pun turut hadir memeriahkan Festival Dongdang tahun ini..."

“…Festival Dongdang 2012 telah digelar di Lapangan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, Sabtu (3/3). Festival yang digelar untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dimeriahkan dengan parade dongdang yang diikuti oleh peserta dari tiap desa yang ada di berbagai kecamatan di Kabupaten Bogor. Parade yang berlangsung lebih dari dua jam ini dihadiri oleh Rachmat Yasin, Bupati Bogor; Karyawan Faturachman, Wakil Bupati Bogor; dan Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat. Sejak subuh para peserta sudah datang di sekitar Lapangan Tegar Beriman dimana parade ini akan dilaksanakan. Berbagai bentuk dongdang, hasil bumi, dan makanan rakyat, serta kreativitas warga lainnya turut ditampilkan. Tari-tarian tradisional, pencak silat, ondel-ondel, Boneka robot raksasa seorang ulama yang sedang berzikir, hingga unta imitasi, pun ikut memeriahkan parade ini. Sekitar pukul 09.00 arak-arakan dongdang mulai berseliweran di depan panggung yang berada di sisi Timur lapangan Tegar Beriman. Di panggung kehormatan inilah, para pejabat Kabupaten dan Propinsi menyaksikan dongdang-dongdang tersebut. Sebanyak 25 juri yang akan menilai festival dongdang ini juga sudah disebar di sejumlah titik. Bukan hanya pejabat pemerintahan yang hadir, Mojang Kabupaten Bogor pun juga tampak hadir.

"...Salah satu kreasi warga berupa robot raksasa seorang wali yang tengah berzikir mengucap syukur dengan sebuah tumpeng di hadapannya..."

Para juri ini akan menilai keindahan penataan dongdang, penampilan busana pembawa dongdang, atraksi pengiring dongdang, dan keserasian tim pada saat berparade. Selain berparade, sebagian warga yang ikut barisan juga memberikan sejumlah bingkisan kepada pejabat yang hadir. Makanan, rangkaian mawar, hingga hasil bumi berupa pisang dengan tandan raksasa disajikan. Masyarakat sekitar Kabupaten Bogor juga tampak antusias memadati kawasan lapangan Kabupaten. Usai melewati panggung kehormatan, sebagian peserta langsung menurunkan dongdang mereka dan peserta dan masyarakat langsung menyerbu isi dongdang. Aksi ini sempat membuat macet barisan dongdang yang lewat, namun segera diantisipasi oleh pasukan keamanan yang telah berjaga sejak pagi di sekitar lapangan. Arak-arakan berjalan tertib yang dimulai dengan dongdang dari warga tiap desa dan kecamatan kemudian disusul dongdang dari berbagai instansi pemerintah Kabupaten Bogor. Dalam siaran persnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Rudi Gunawan, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Disbudpar sebagai penyelenggara acara ini, mengerahkan sekitar 700 personil keamanan. Pengamanan ini dilakukan demi ketertiban acara dan menjaga agar pengguna jalan Tegar Beriman tidak mengganggu kenyamanannya.

"...Bupati Bogor Bpk Rachmat Yasin ketika menyampaikan keterangan persnya..."

Rahmat sendiri menyatakan bahwa dongdang merupakan tradisi kebersamaan dan persaudaraan, sebab biasanya dongdang juga dibawa ke surau atau masjid ketika ada perayaan Maulid Nabi yang isinya merupakan sumbangan hidangan dari warga yang akan disantap bersama saat pelaksanaan Maulid Nabi tersebut. Sementara, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, Erwin Suriana, dlam keterangan persnya berharap kegiatan ini dapat menjadi ikon wisata di Kabupaten Bogor. “Kami berharap, kedepannya kegiatan ini dapat menjadi ikon wisata di Kabupaten Bogor, dan mungkin kedepannya juga kita akan mengundang para peserta dari daerah lain tidak hanya berasal dari Kabupaten Bogor saja,” tuturnya. Usai arak-arakan, acara dilanjutkan dengan Tabligh Akbar dan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Jeffry Al-Buchori pada sore hari. Setelahnya, giliran grup Band Wali yang mengisi panggung untuk menghibur penonton.Selain itu, Kecamatan Ciampea berhasil merebut predikat pemenang utama Festival Dongdang 2012, disusul Kecamatan Rumpin diposisi kedua, serta Desa Sukagalih Kecamatan Megamendung diposisi ketiga.

Oleh : Eka Shantika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: