“…Konser AKB48 dan JKT48 Sukses RIUHKAN Jakarta…”


"...Kolaborasi AKB48 dan sister group mereka di Indonesia JKT48..."

PENANTRA – “…Grup idola wanita asal Jepang, AKB48, Sabtu (25/2) kemarin berhasil menggebrak panggung Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta. Konser AKB48 yang berkolaborasi dengan sister groupnya di Indonesia, JKT48, disambut dengan antusias ribuan penonton yang memadati ruang Kartika Expo malam itu. Lagu-lagu hits mereka pun mengalun yang diikuti oleh nyanyian bersama para pengunjung konser J-Pop Concert yang jadi bagian dari acara Japan Pop Culture Festival 2012 (J-pop Festival 2012). Ceria dan enerjik, mungkin dua kata itu yang bisa digunakan untuk menggambarkan penampilan dua grup idola ini di atas panggung, Sabtu malam kemarin. AKB48 dan JKT48 memang tak lelah membawakan koReografi yang ciamik dalam 15 lagu yang dibawakannya di hadapan sekitar 3000 penggemarnya. Dua lagu paling hits dari  AKB48, Aitakatta dan Heavy Rotation, meluncur di akhir penunjukan yang langsung disambut histeris penonton. Tongkat-tongkat bercahaya pun tak lelah terus dihentak penonton, menambah gemerlap suasana konser malam itu.

"...JKT48 pun tak kalah aksi dari "kakak" mereka..."

Mereka dengan semangat ikut bernyanyi sambil berdiri, meski bangku-bangku telah disediakan.  AKB48 merupakan grup idola asal Jepang yang dibentuk oleh pencipta lirik, Yasushi Akimoto. Grup ini dibentuk dengan konsep, “idola yang dapat Anda temui setiap hAri”. Grup ini menjadi fenomenal di Jepang,  sebab para penggemarnya dapat melihat dan saling berbagi keseruan mengikuti perjuangan idola mereka menjadi bintang. Total anggota AKB48 sejumlah 59 orang, yang terbagi menjadi grup A, K, B, masing-masing sejumlah 16 orang, serta tim 4 dengan 11 orang. Mereka (termasuk sister grup) berlomba agar dapat menjadi Senbatsu membersihkan (anggota terpilih) yang akan tampil dalam rekaman CD single terbaru. Para penonton yang menyaksikan konser kedua grup musik ini sebelumnya mesti mendaftarkan diri terlebih dulu secara online lewat Twitter (@JPOP_FEST) dan Facebook JPOP FEST. Usai konser, acara JPOP-FEST ini dilanjutkan esok bhariya di Plasa Senayan, Jakarta, dengan serangkaian kegiatan budaya populer Jepang lainnya. Seperti, pemutaran film anime dan film konser band rock asal Jepang di XXI Plasa Senayan.

"...AKB48 ketika beraksi di atas panggung..."

Ada pula pengenalan budaya “Kawaii” berupa hairstyling dan makeup. Ada pula workshop Manga, demo merangkai bunga khas Jepang, demo dan workshop Furoshiki, serta promosi pariwisata Jepang.  Acara pertukaran kebudayaan ini merupakan inisiatif dari Japan Pop Culture Comittee yang merupakan gabungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, adan Komunitas Jepang di Indonesia. Junji Shimada, Ketua Komite Japan Pop Culture Festival 2012, sebelum konser dimulai, menyatakan bahwa penyelenggaraan acara  ini diharapkan dapat mempererat tali persahabatan antara Jepang dan Indonesia, khususnya dalam bidang pertukaran budaya populer. Acara ini disebutkan pula merupakan momentum bangkitnya Jepang pasca setahun tsunami serta ungkapan terimakasih kepada masyarakat Indonesia atas dukungannya.

Oleh : Eka Shantika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: