“…Festival BALON UDARA Internasional Indonesia 2012…” Warna – Warni BALON UDARA Meriahkan Langit SENTUL



"...Artis Kondang Bucek Deep Pilot Balon Udara Indonesia..."

“..PENANTRA Bogor, Indonesia.  International Hot Air Baloon Festival 2012 (IIHABF 2012) atau Festival Balon Udara Internasional Indonesia 2012 yang diselenggarakan di Sentul Bogor pada tanggal 22-24 Maret 2012 baru saja berakhir.

Festival yang terselenggara atas kerjasama PT Festival Balon Indonesia, PB Fasi, dan Sentul City sejak tahun 2010 ini, tampaknya tetap menarik animo masyarakat untuk menyaksikan aneka rupa bentuk balon udara yang didatangkan serta mencoba pengalaman baru terbang dengan balon udara.

“Balon udara adalah salah satu wahana paling tua yang dapat membawa manusia terbang, sehingga cara kerjanya sangat sederhana hanya dengan memanaskan udara di dalam kantong balon untuk membuatnya terbang,” tutur Bucek, pilot balon udara dari Indonesia. Jika diperhatikan memang balon udara hanya terdiri dari 3 bagian, keranjang sebagai tempat penumpang, burner sebagai pemanas udara di dalam balon, dan kantong tempat udara dipanaskan yaitu balon atau envelopeyang terbuat dari bahan nilon berlapis bahan tahan api.

"...Para Pengunjung Festival Balon Udara 2012 di Sentul City Bogor..."

Meskipun prinsipnya sederhana, namun untuk menerbangkan balon udara ini ternyata cukup sulit juga. Karenanya dibutuhkan pilot balon udara yang disekolahkan secara khusus untuk dapat mengemudikan wahana ini.

Dan penerbangannya pun sangat tergantung pada cuaca. Jika ada hujan, angin kencang atau cuaca buruk, maka Pilot dan Air Bossakan membatalkan penerbangan.

Tim redaksi PENANTRA kembali berkeliling menilik balon udara lain yang berasal dari 12 Negara diantaranya Amerika Serikat, Perancis, Belgia, Swiss, Belanda, Thailand, Malaysia, Vietnam serta berkesempatan menyaksikan proses pemasangan balon (envelope) pada balon udara ELSAmilik Tim Indonesia.Namun tiupan angin yang cukup kencang, lebih dari 5 knot/jam membuat penerbangan sore hari tersebut dibatalkan.

Ternyata, singgahnya Balon-Balon udara ini ke Indonesia merupakan bagian dari Sirkuit Festival Balon Udara Asia. Marc Howard, Salah Seorang Tim Balon Udara “Wish Cake” dari Amerika Serikat menuturkan kepada Tim Redaksi PENANTRA,

"...Salah Satu Balon Peserta Festival..."

“Kami telah mampir ke Thailand pada Februari, dan ke Malaysia sekitar seminggu lalu kemudian sekarang di Indonesia ”. Kemudian ia pun memperlihatkan balonnya yang mengesankan karena berbentuk kue ulang tahun setinggi 40 meter.

Tak hanya bermain dengan bentuk yang unik seperti kue, hati, box telepon umum, dan aneka bentuk lainnya. Balon udara pun dapat digunakan untuk mengkampanyekan pesan lingkungan, seperti yang dilakukan oleh Gary dan cucunya, tim Balon Udara “Woodrow” yang berbentuk Pohon setinggi 33,5 meter dengan 3 ekor burung di dahannya.

“ Melalui Woodrow, Saya ingin mengajak semua orang untuk menyelamatkan hutan hujan, karena hutan sangat bermanfaat bagi manusia serta menjadi habitat dari banyak mahluk hidup ” ujar Gary yang terinspirasi pada hutan hujan Amazon dalam menciptakan balon udaranya.”

“ Indonesia pun memiliki hutan luas yang perlu dijaga, saya akan senang sekali bila suatu hari nanti bisa mendatangi pulau Borneo” lanjutnya. Suasana senja di lapangan Sentul City saat itu menjadikan festival balon ini semakin indah dipandang, kemudian Festival Balon ditutup dengan Candle Night Glow pada pukul 19.00 WIB dimana seluruh peserta IIHABF 2012 memainkan katup burnerbalon udara yang menghembuskan lidah api ke langit Sentul dengan diiringi alunan musik.

( Oleh : Red NRMnews / Dwi Pravita.G )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: