“…IndoGreen EXPO 2012 Dukung PERTUMBUHAN Ekonomi HIJAU Indonesia…”


 

"..Suasana Talkshow pada IGF Expo 2012.."

“…PENANTRA – Jakarta, IndoGreen Forestry (IGF) Expo baru saja berakhir. Pameran kehutanan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan untuk keempat kalinya sejak tahun 2009 ini.

Menampilkan potensi yang sangat besar pada sektor kehutanan, pengelolaan, pemanfaatan dan pelestarian hutan, hasil hutan baik kayu maupun non kayu, produk olahannya dan peralatan pemanfaatan hutan.

IGF Expo 2012 bertemakan “ Green Growth Economy Toward 2020 ”dalam rangka mendukung program pemerintah “ Forest Pro Poor, Pro Job, Pro Growth and Pro Environment ”  sehingga banyak pula ditampilkan produk dan jasa kehutanan yang ramah lingkungan hidup dan berbagai kegiatan menarik yang penting untuk diikuti seperti talkshow dan presentasi yang diharapkan akan memunculkan gagasan/ide yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pembangunan pro-lingkungan di Indonesia.

"..Salah satu stand IGF Expo yang memperlihatkan kerajinan masyarakat lokal dari Irian.."

Pameran yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta sejak tanggal 5 – 8 April 2012 ini dikunjungi oleh Perwakilan negara sahabat, Pejabat Pemerintah dari berbagai departemen/badan terkait, Pengusaha sektor kehutanan kayu maupun non kayu, Akademisi, Aktivis pecinta lingkungan, dan Masyarakat umum.

Beberapa inovasi dihadirkan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, dan meningkatkan peran serta berbagai lapisan masyarakat untuk berpartisipasi menyelamatkan bumi.

Salah satunya adalah melalui Program Investasi Hijau. Biasanya orang berlomba-lomba menginvestasikan uangnya dengan membeli property, tanah, atau saham.

Namun Redaksi PENANTRA menemukan beberapa stand yang menawarkan program investasi hutan, dimana pembeli akan memiliki hutan tanaman yang akan menggandakan sekian kali lipat uang yang diinvestasikan pada 6 tahun mendatang saat pemanenan tiba.

"..Para pengunjung IGF Expo 2012.."

Suatu inovasi yang tergolong baru dan menjanjikan. Terdapat pula hasil kerajinan masyarakat adat dengan motif etnik dan khas yang dapat dibeli tanpa kita harus repot-repot pergi ke daerah asalnya. Obat-obatan tradisional, Satwa-Satwa langka seperti Burung Jalak Bali, Kakatua Jambul Kuning, Aneka Reptil, dan sebagainya.

Selain Pameran, terdapat pula Dialog Nasional, aneka Talk Show, dan pada hari penutupan yaitu hari Minggu dilangsungkan Fun Bike untuk memeriahkan IGF Expo 2012. Tak ayal kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berakhir pekan sehingga Tiket Fun Bike telah Sold Out pada hari Sabtu, 7 April 2012.

( Oleh :  Dwi Pravita G )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: