“…INACRAFT 2012 DIMERIAHKAN OLEH KEEKSOTIKAN KALIMANTAN BARAT..”


“…Presiden RI. Bpk Susilo Bambang Yudoyono…”

PENANTRA – Jakarta, INACRAFT 2012 yang juga disebut The 14th Jakarta International Handicraft Trade Fair resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Rabu, 25 April 2012, dengan memukul Kangkuang (alat musik tradisional Kalimantan Barat) yang menandakan dimulainya event INACRAFT 2012.

Pameran Kerajinan Indonesia ini bertempat di Jakarta Convention Centre, Senayan dan akan berlangsung hingga tanggal 29 April mendatang.

Pameran ini telah berkembang menjadi pameran kerajinan terbesar di Indonesia sejak tahun 1999. Selain telah diselenggarakan dengan sukses di Kuala Lumpur, Malaysia, pada tahun ini hadir pula booth pameran dari negara Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Iran, dan Jepang. Tema Pameran tahun ini adalah “From Smart Village to Global Market” dengan Provinsi Kalimantan Barat sebagai Icon Pameran. “..INACRAFT menjadi bukti bahwa negara kita kaya akan budaya yang perlu dipromosikan ke seluruh Indonesia..”

“..Ibu Negara Ani Yudhoyono saat Menilik Pameran Inacraft bersama Ibu Wapres Herawati Boediono, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menkokesra Hatta Rajasa beserta para tamu undangan..”

“.. Kami (Prov.KalBar) menghadirkan miniatur tugu khatulistiwa karena ibukota Pontianak dilalui garis khatulistiwa, Gambar Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang di Indonesia, serta Rumah Tradisional Kalbar yaitu rumah Betang di main hall..” tutur Putri Gawai Dayak 2011, Suzandeleni, yang membawakan tongkat kepada Presiden SBY untuk memukul Kangkuang.

Menurut keterangan Dekranasda Kalbar, mereka memboyong hampir 200 personil dari 12 kabupaten dan 2 kotamadya termasuk ibukota provinsi di Kalimantan Barat untuk mengisi acara Inacraft 2012.

Sementara itu, total peserta INACRAFT 2012 adalah sebanyak 1.800 perusahaan kerajinan Indonesia yang menempati 1.237 stand.

Selama pameran berlangsung akan diadakan penilaian terhadap barang kerajinan yang dipamerkan yang berhak memenangkan penghargaan INACRAFT Award yang akan diserahkan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam acara khusus tanggal 28 April 2012. Barang-barang kerajinan dalam ekshibisi ini terdiri dari berbagai produk kerajinan tekstil, assesoris, kerajinan kayu, rotan, perhiasan emas, perak, dan permata, gerabah dan keramik, dekorasi, dan ribuan jenis barang kerajinan lainnya.

“..Para pengunjung terpukau melihat stand-stand kerajinan daerah Prov. Kalimantan Barat serta hadirnya Suku Dayak dengan pakaian tradisionalnya..”

Jumlah pengunjung pameran diperkirakan menembus angka 250.000 orang serta transaksi dagang diharapkan meningkat 10% dari tahun lalu yang mencapai US$ 8.2 juta dan penjualan retail sebesar Rp 95 milyar lebih.

Dengan HTM Rp 10.000, anda dapat menikmati surga belanja produk Indonesia dengan harga-harga khusus di beberapa booth dan diskon transaksi mengunakan layanan BNI.

Karena pameran ini mencakup areal yang luas hingga lower lobby, sebaiknya anda memiliki peta panduan pameran. Namun tersedia pula booth informasi yang tersebar di seluruh area pameran sebagai tempat bertanya.

Sebagaimana himbauan Pemerintah untuk memajukan industri dalam negeri dengan mencintai dan membeli produk lokal, maka INACRAFT 2012 menjadi one stop place yang tepat bagi para pecinta kerajinan lokal untuk berburu barang-barang unik dari seluruh pelosok Indonesia, langsung dari pengrajinnya.

( Oleh : Eka Santhika)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: