“… KUKPRI – MDGs GANDENG INDONESIA MENGAJAR DAN DAYA DIMENSI INDONESIA UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT INDONESIA SEHAT…”


“…Penandatanganan MoU oleh Ibu Nila F. Moeloek dan Anies Baswedan….”

“…PENANTRA – JAKARTA, Sebagai wujud nyata aksi bersama dalam mempercepat pencapaian target MDGs dan sebagai salah satu kelanjutan Indonesia MDG Awards (IMA) 2011 yang berlangsung pada bulan Februari 2012 lalu.

Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs (KUKPRI-MDGs), pada 27 April 2012, telah meresmikan kemitraannya dengan Indonesia Mengajar (IM) dan Daya Dimensi Indonesia (DDI) untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat melalui program “ Pencerah Nusantara ”.

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan nota kerja sama, oleh Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K), Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar Dr.Anies Baswedan dan Direktur Daya Dimensi Indonesia Vina Pendit, M.Psi. Sepanjang penyelenggaraan IMA 2011, KUKPRI-MDGs menemukan begitu banyak bintang-bintang di akar rumput yang bekerja dengan sepenuh hati untuk pemberdayaan lingkungannya, serta berhasil merangkul berbagai pihak untuk mendukung inovasi sehingga membawa perubahan lebih cepat.

Sebanyak 500 bintang tersebut telah diundang untuk bertukar pikiran dan saling memberikan semangat dalam Festival MDG Awards tanggal 31 Januari – 1 Februari 2012 lalu. Mereka adalah cikal bakal “ Pencerah Nusantara ”. Melihat potensi ini, KUKPRI-MDGs berinisiatif untuk membangun desain atau model program yang berfokus untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer kepada masyarakat Indonesia.

Prof.DR.dr Nila Moeloek (KUKPRI MDGs), Dr. Anies Baswedan (Indonesia Mengajar) & Vina Pendit (Daya Dimensi Indonesia)

“ Tim Pencerah Nusantara terdiri dari sekelompok anak muda yang berprofesi sebagai dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan dan pemerhati kesehatan yang menjadi bagian dari aksi bersama, serta turun tangan berkontribusi pada solusi kesehatan untuk masyarakat.

Selama satu tahun, anak-anak muda ini akan pergi ke daerah-daerah terluar di wilayah Indonesia untuk memperkuat layanan kesehatan primer masyarakat di tanah air,” demikian disampaikan Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K).

KUKPRI-MDGs didukung oleh mitra lintas sektor seperti Indonesia Mengajar dan Daya Dimensi Indonesia yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mencapai tujuan pembangunan millennium, yang tinggal tersisa 3 tahun lagi hingga tahun 2015. KUKPRI-MDGs juga dibantu oleh sejumlah sektor swasta dalam menyediakan bantuan program pemberdayaan masyarakat serta sistem yang dapat mendukung pelaksanaan program di lapangan.

Dr. Anies Baswedan, pendiri Indonesia Mengajar menuturkan “ Tujuan kami bukanlah untuk memecahkan seluruh persoalan seputar kesehatan di Indonesia, namun untuk mengajak keterlibatan sebanyak-banyaknya pihak sehingga masalah kesehatan dapat diselesaikan secara kolektif dan lebih efektif. Inti dari program kemitraan ini adalah bagaimana menggerakkan dan melibatkan semua orang.”

Penandatanganan MoU 2 – Compress

“ Pencerah Nusantara ” terdiri dari putra-putri pilihan bangsa yang diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. “ Keahlian kami adalah dalam bidang perekrutan sumber daya manusia. Kami sangat bangga bisa membantu perekrutan sekaligus pengevaluasian para calon Pencerah Nusantara.

Tugas ini cukup berat, namun kami percaya bahwa masih banyak generasi muda Indonesia yang memiliki tekad dan semangat membara untuk membangun bangsanya, ” tutur Direktur Daya Dimensi Indonesia, Ibu Vina Pendit, M.Psi.

Beberapa persyaratan bagi “ Pencerah Nusantara ” adalah mereka harus berusia di bawah 30 tahun dengan IPK minimal 3.0, serta memiliki jiwa kepemimpinan. Mereka yang tertarik dapat mendaftarkan diri secara online di http://www.pencerahnusantara.org mulai 4 Mei 2012 untuk diseleksi lebih lanjut. Informasi lebih lanjut juga dapat diperoleh melalui Facebook “ Pencerah Nusantara ” dan Twitter @pencerahnusa.

Para “ Pencerah Nusantara ” diharapkan tidak hanya dapat memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat, namun juga dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat binaannya dengan memberdayakan masyarakat setempat untuk mandiri. Mereka juga bertanggung jawab menginisiasi kegiatan preventif dan promotif di bidang lain di luar kesehatan yang dapat menunjang tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“ Tugas para Pencerah Nusantara ini memang tidak mudah, namun kami semua mendukung segala upaya mereka untuk membuat perubahan di tengah masyarakat, yang dimulai dari tingkat terkecil. Mari tunjukkan semangat untuk mengabdi dan memulai perubahan dengan bergabung menjadi Pencerah Nusantara, ” tutup Prof. Dr. Nila Moeloek.

( A. Dody Richmanto )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: