“… DEMONSTRASI TERBANG PESAWAT SUKHOI SUPERJET 100 BUATAN RUSIA ALAMI MUSIBAH DI GUNUNG SALAK BOGOR..”


“…Sukhoi Superjet 100…” Foto By : Youri Kabernik / Air Liners.Net

“…PENANTRA – BOGOR, Sebuah acara presentasi produk terbaru pesawat sipil Rusia ” Sukhoi Superjet 100 ” (SSJ-100) di gelar di Jakarta pada Rabu tanggal 9 Mei 2012 kemarin. Acara ini merupakan bagian dari ” Road Show ” yang diselenggarakan oleh Perusahaan Pesawat Sipil Sukhoi Rusia, yang ada di beberapa negara Asia Tengah dan Tenggara.

Selama acara presentasinya yang di gelar, pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2012 di Jakarta tersebut, pesawat jet Rusia SSJ-100 ini pun melakukan demonstrasi penerbangannya, melalui Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Dengan mengambil rute jalur penerbangan menuju Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat. Namun nahas di tengah perjalannya, pesawat yang membawa penumpang berjumlah 45 orang, terdiri dari 8 Awak pesawat (Petugas Crew) berkebangsaan Rusia, beserta 37 orang penumpang berkebangsaan Indonesia dari kalangan pebisnis dunia penerbangan dan media massa itu, secara mendadak dilaporkan mengalami kehilangan kontak dengan menara pengawasnya di bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, pada 9 Mei 2012, sejak pukul 14.33 Wib kemarin.

“…Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Udjwalaprana Sigit saat di Mintai Keterangan Oleh PENANTRA…”

Berdasarkan laporan sebelumnya di katakan bahwa Co Pilot Aleksandre Yabloncev asal Rusia yang menerbangkan pesawat tersebut, di kabarkan sempat menghubungi traffic control untuk mengabarkan kondisi pesawat yang pada saat itu berada di ketinggian 10.000 kaki, dengan membawa 45 orang penumpang.

Namun kemudian, Co Pilot Aleksandre Yabloncev memohon izin untuk dapat turun pada ketinggian 6.000 kaki, disaat posisinya berjarak 10 nautical mile dari Lanud Atang Sanjaya, Bogor, untuk selanjutnya kontak pun tak terjadi lagi melainkan terputus.

Selama Sepuluh jam lebih pesawat dengan nomor penerbangan RA 36801 tersebut tidak diketahui keberadaannya. Sampai akhirnya Badan Tim SAR Nasional (Basarnas) melaporkan, bahwa mereka telah berhasil menemukan serpihan-serpihan bangkai pesawat komersial Sukhoi jenis Superjet 100, yang hilang tersebut pada keesokan harinya yaitu pada Kamis 10 Mei 2012, sekitar pukul 09.15 Wib pagi hari. Dimana posisi pesawat ternyata berhasil di temukan, berada pada sisi sebuah tebing yang curam bagian dari puncak Gunung Salak Bogor.

Tepatnya pada kordinat 06,42,612 di ketinggian kurang lebih sekitar 1800 meter, di daerah Cijeruk Kabupaten Bogor.Dari lokasi terdekat untuk evakuasi kecelakaan pesawat Sukhoi, Sebanyak 69 orang Tim SAR gabungan telah diberangkatkan dari Posko Pasir Manggis di desa Cipelang, Kelurahan Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, menuju titik lokasi jatuhnya pesawat. Diperkirakan titik lokasi dapat ditempuh dalam 5 jam perjalanan oleh Tim SAR.

“…Jalur Menuju Pos Evakuasi Pasir Manggis, Cipleng Bogor…”

98% telah pasti bahwa foto satelit yang didapatkan adalah bangkai pesawat sukhoi yang hilang. Namun lokasi yang berada di tebing Tapak Batu memiliki kendala evakuasi berupa gunung yang terjal, vegetasi rapat dan belum terjamah, serta cuaca yang cepat sekali berubah.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Udjwalaprana Sigit, dalam wawancaranya langsung dengan redaksi PENANTRA, saat di temui di lokasi Pos Evakuasi Desa Pasir Manggis, Kelurahan Cihedeung, Kecamatan Cijeruk Bogor, menjelaskan teknis evakuasi korban.

” Kami membagi seluruh personil dalam beberapa pos hingga lokasi pendakian setelah didapatkan kabar kondisi lapangan dari tim awal yang berjumlah 69 orang tersebut. Pos Evakuasi Ds Pasir Manggis merupakan Posko terdekat dengan titik jatuhnya pesawat, sekaligus sebagai pengalihan dari Posko sebelumnya, yang terpusat di Cidahu. Pos I adalah lokasi jatuhnya pesawat, Pos II di ketinggian 1911 mdpl, dan pos III di ketinggian 1840 mdpl.

Penurunan korban akan dilakukan secara manual dan bergantian di tiap pos, setelah tiba di Pos Evakuasi Pasir Manggis, para jenasah korban kecelakaan pesawat diusahakan langsung dievakuasi menggunakan helikopter ke bandara Halim Perdanakusuma dimana keluarga korban telah menanti disana .” Hingga kini, sekitar 1500 orang berkumpul di kawasan evakuasi yang terdiri dari Tim BASARNAS, BPBD, TNI, Polri, Para Relawan, dan masyarakat.

“…Unit Ambulance Yang di Siapkan bagi Kepentingan Proses Evakuasi Korban…”

Disaat presentasi Air Shownya yang di gelar, pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2012 kemarin, acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Departemen Transportasi Republik Indonesia, Maskapai Penerbangan Indonesia dan Pejabat Senior dari Kedutaan Besar Rusia di Indonesia.

Selain presentasinya di Indonesia, rencananya acara presentasi pesawat ” Sukhoi Superjet 100 ” buatan Rusia ini pun, akan diselenggarakan pula di Kazakhstan, Pakistan, Myanmar, Laos, Vietnam.

” Sukhoi Superjet 100 ” adalah pesawat regional dari generasi baru yang dirancang dan diproduksi oleh Perusahaan Pesawat Sipil Sukhoi Rusia, berkapasitas mampu mengangkut 98 Penumpang. Jet Rusia dirancang untuk beroperasi pada kisaran 3048 km untuk versi dasar dan 4578 km untuk versi jarak jauh pada ketinggian sampai dengan 12200 m.

Pada bulan Januari 2011 jet memperoleh Sertifikat tipe oleh Otoritas Sertifikasi Rusia IAC AR dan sertifikasi EASA – pada bulan Februari 2012. Penerbangan pertama dari ” Sukhoi Superjet 100 ” dilakukan pada Mei 2008. Pada bulan April 2011 pesawat seri pertama dikirimkan ke perusahaan penerbangan Armenia ” Armavi “.

Pesawat ini juga dipergunakan oleh Flag-Carrier Rusia Aeroflot – Maskapai Penerbangan Rusia, selama event The International Aviation and Space Salon MAKS-2011, yang berlangsung di Zhukovsky (Moskow wilayah, Rusia) pada 16 Agustus 2011 lalu. The Sukhoi Sipil Aircraft Company dan Perusahaan Penerbangan Regional Indonesia (PT Sky Aviation), telah menandatangani Kontrak untuk pembelian 12 unit pesawat ” Superjet Sukhoi 100 ” dengan total nilai sebesar 380,4 juta USD.

( Oleh : A.Dody.R )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: