“…TIM SAR RUSIA TIBA DI POSKO EVAKUASI SUKHOI SUPERJET 100…”


“..Tim SAR Rusia sedang berkoordinasi dan bekerjasama mendirikan tenda..”

“..PENANTRA – BOGOR, Tim Rescue Rusia tiba di Posko Evakuasi Pasir Pogor, Cipelang, Cijeruk pada Sabtu malam, 12 Mei 2012. Tim yang berasal dari Search and Rescue team of the EMERCOM of Russia berkekuatan sejumlah 46 personil yang beberapa diantaranya memiliki kualifikasi SAR internasional.

Tim ini akan mulai bergerak Minggu pagi guna membantu evakuasi korban Sukhoi dan pencarian kotak hitam pesawat. Telah berdiri 3 tenda besar berbentuk kepompong dengan ukuran 7×3 meter dan tenda kecil berukuran 3×3 meter untuk menaruh logistik dan keperluan istirahat pasukan SAR Rusia ini.

Logistik yang dibawa oleh pasukan berseragam kargo biru tersebut diangkut oleh sebuah mobil dan sebuah truk. Sementara 2 helikopter yang mereka bawa pun sudah standby di helipad pasir pogor. Sementara perkembangan terakhir evakuasi yang ditutup pada pukul 17.00 hari Sabtu kemarin hasilnya cukup signifikan. Pencarian hari ke tiga ini telah mendapatkan 18 kantong jenazah, dimana 3 kantong diantaranya berisi material berupa identitas maupun barang-barang korban.

“..Mobil Jeep yang membawa logistik Tim SAR Rusia..”

Tim yang masih bertahan di Gunung Salak sejumlah 562 personil di ketinggian 1800 – 2006 mdpl. Setelah ditelusuri ternyata kelerengan hampir mencapai 500 meter.

Tim panjat Viper dari kopassus, relawan Federasi Panjat Tebing Indonesia, dan climber bersertifikat internasional telah diberangkatkan pula untuk mempermudah proses evakuasi.

Dilakukan dua metode evakuasi yaitu melalui darat dan udara. Namun, kotak hitam sampai sekarang belum ditemukan. ” Kami sudah koordinasi dengan KNKT yang berfokus pada pencarian blacbox pesawat.” Ujar Danrem A.M Putranto pada keterangan persnya pada hari Sabtu pukul 18.00 WIB.

Bagi Rusia, jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Indonesia ini menjadi tanda tanya besar karena Sukhoi diklaim memiliki teknologi super canggih. Karenanya Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev telah membentuk komisi khusus untuk menyelidiki jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Komisi tersebut terdiri dari pejabat resmi perusahaan Sukhoi. Delegasi dari Rusia juga dipastikan akan datang ke Indonesia untuk penanganan lebih lanjut.

( Oleh : Dwi Pravita Ganatri )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: