“…Kadin Solok Dorong Pertanian Organik…”


"...Aneka Sayuran..." Photo By : Penantra News.com

“…Aneka Sayuran…” Photo By : Penantra News.com

PENANTRA NEWS.COM – AROSUKA Sumbar, saat ini permintaan sayuran tanpa pupuk kimia dan pestisida semakin tinggi. Hal ini disampaikan Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Syafrizal Ben. Oleh karena itu, ia mengajak petani sayur di daerahnya untuk mulai menggunakan pupuk organik.

Ben saat ditemui di Arosuka, Jumat (16/11/2012) menyatakan, bahwa semakin besarnya permintaan pasar terhadap sayur yang terbebas dari pestisida sebab konsumen khawatir terhadap efek sampingnya terhadap kesehatan.

Ini berbeda ketika petani menggunakan pupuk dan pestisida organik, sebab pupuk dan pestisida organik ini tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Ben menambahkan, umumnya hasil pertanian Kabupaten Solok dipasarkan ke Provinsi Riau.

Dan menurutnya pembeli di propinsi tersebut sudah sangat selektif dengan hal itu. Ben, optimis pemasaran produksi hasil pertanian organik ini punya peluang besar. Dia juga mengharapkan Dinas Pertanian setempat intensif menyosialisasikan kepada petani agar beralih kepada pupuk organik.

“…Kita meminta kepada penyuluh pertanian melalui dinas terkait agar menggencarkan memberikan pemahaman kepada petani terkait dampak negatif dari pupuk kimia tersebut…”, ujarnya. Sementara untuk pemasaran, Ben berjanji Kadin siap untuk memfasilitasi.

Kabupaten Solok merupakan daerah penghasil berbagai macam jenis sayur-sayuran. Terutama di Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Gunung Talang. Komoditi daerah ini meliputi kentang, bawang, ketela, kol, wortel dan sebagainya.

( Oleh : Red. Penantra News.com / Eka Santhika – Editor : A.Dody.R )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: